Cara Minimalkan Demensia ‘Turunan’ yang Berjalan di Keluarga

Berandasehat.id – Mengadopsi perilaku gaya hidup sehat dapat menurunkan risiko kepikunan di antara orang-orang yang berisiko lebih tinggi karena riwayat keluarga demensia, demikian menurut penelitian pendahuluan yang dipresentasikan di Konferensi Epidemiologi, Pencegahan, Gaya Hidup & Kesehatan Kardiometabolik 2021 dari American Heart Association.

Demensia familial merupakan faktor risiko yang kuat untuk kepikunan. Memiliki kerabat tingkat pertama seperti orang tua atau saudara kandung yang menderita penyakit ini dapat meningkatkan risiko demensia hingga hampir 75% dibandingkan dengan seseorang yang tidak memiliki kerabat tingkat pertama dengan kondisi tersebut. Faktor risiko umum lainnya untuk demensia adalah usia, jenis kelamin, ras, pendidikan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2, dan depresi.

“Ketika demensia terjadi dalam keluarga, baik faktor genetik maupun non-genetik, seperti pola diet, aktivitas fisik, dan status merokok, hal itu bakal mempengaruhi risiko keseluruhan individu,” kata penulis studi Angelique Brellenthin, Ph.D., asisten profesor kinesiologi di Iowa Universitas Negeri di Ames, Iowa. “Ini berarti mungkin ada peluang untuk mengurangi risiko dengan mengatasi faktor-faktor non-genetik tersebut.”

Brellenthin dan rekannya menganalisis informasi kesehatan pada 302.239 pria dan wanita, usia 50-73 tahun, yang menyelesaikan pemeriksaan fisik dasar antara 2006-2010 sebagai bagian dari Studi Biobank Inggris, yang merupakan studi besar yang mencakup lebih dari 500.000 orang di Inggris Raya. Orang dewasa yang dilibatkan bebas dari demensia pada awal penelitian dan mengisi kuesioner tentang riwayat keluarga dan gaya hidup. Peserta diberi satu poin untuk masing-masing dari enam perilaku gaya hidup sehat yang mereka ikuti, termasuk di antaranya:

1. Konsumsi makanan sehat dengan lebih banyak buah dan sayuran, dan lebih sedikit daging olahan dan biji-bijian olahan.

2. Memenuhi pedoman aktivitas fisik 150 menit atau lebih seminggu aktivitas fisik sedang-kuat.

3. Tidur 6 sampai 9 jam setiap hari.

4. Minum alkohol secukupnya.

5. Tidak merokok

6. Tidak mengalami obesitas, artinya memiliki BMI (indeks massa tubuh) <30 kg / m.

Peneliti kemudian mengikuti peserta penelitian selama sekitar delapan tahun untuk memantau siapa yang mengembangkan dan tidak mengembangkan demensia. Studi menemukan sejumlah poin penting berikut ini:

1. Selama masa tindak lanjut, 1.698 (0,6%) peserta mengembangkan demensia. Orang dewasa dengan riwayat keluarga demensia memiliki sekitar 70% peningkatan risiko demensia dibandingkan dengan mereka yang tidak memiliki riwayat keluarga penyakit kepikunan.

2. Mengikuti keenam perilaku gaya hidup sehat mengurangi risiko demensia hampir setengahnya dibandingkan dengan mengikuti dua atau kurang perilaku sehat.

3. Secara umum, mengikuti tiga perilaku sehat dikaitkan dengan penurunan risiko demensia sebesar 30% dibandingkan dengan mengikuti dua perilaku atau kurang, bahkan ketika peneliti mempertimbangkan demensia keluarga dan faktor risiko yang lebih umum untuk demensia seperti usia, jenis kelamin, ras, pendidikan, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, diabetes tipe 2 dan depresi.

4. Peserta dengan demensia keluarga yang mengikuti setidaknya tiga perilaku gaya hidup sehat memiliki risiko demensia 25% hingga 35% lebih rendah dibandingkan dengan mereka dengan demensia keluarga yang mengikuti dua atau lebih perilaku sehat.

Para peneliti mengatakan hasil ini menunjukkan bahwa memulai dengan perubahan kecil, seperti melakukan setidaknya tiga atau lebih perilaku gaya hidup sehat, dapat secara signifikan menurunkan risiko demensia bahkan bagi mereka yang berisiko lebih tinggi karena riwayat keluarga demensia.

“Menarik untuk menemukan bahwa peserta yang mengikuti lebih banyak perilaku sehat pada awal sebenarnya juga melaporkan lebih banyak demensia familial di awal,” kata Brellenthin. “Misalnya, ada 11% prevalensi demensia keluarga di antara mereka yang mengikuti dua atau lebih sedikit perilaku sehat, dibandingkan dengan 15% prevalensi demensia keluarga di antara mereka yang mengikuti keenam perilaku gaya hidup sehat. Dan individu yang mengikuti perilaku lebih sehat cenderung lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami demensia secara umum.”

Brellenthin mencatat hal ini mungkin menunjukkan bahwa individu yang mengetahui bahwa mereka memiliki peningkatan risiko demensia bersikap proaktif dan sudah mengambil langkah sehat yang penting untuk mengurangi risiko tersebut.

Keterbatasan penelitian termasuk tidak membuktikan bahwa gaya hidup dapat menyebabkan atau mencegah demensia. Dan para peneliti tidak memiliki data genetik yang sebenarnya untuk mengonfirmasi demensia keluarga, mereka hanya mengandalkan kuesioner yang diisi oleh peserta penelitian.

“Studi ini memberikan bukti penting bahwa gaya hidup sehat dapat berdampak positif pada kesehatan otak,” kata Presiden Asosiasi Jantung Amerika Mitchell S.V. Elkind, profesor neurologi dan epidemiologi di Vagelos College of Physicians and Surgeons dan di Mailman School of Public Health dan ahli saraf di New York-Presbyterian / Columbia University Irving Medical Center. “Seharusnya hal ini menjadi bukti meyakinkan dan menginspirasi orang untuk mengetahui bahwa mengikuti beberapa perilaku sehat dapat menunda penurunan kognitif, mencegah demensia dan menjaga kesehatan otak.” (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s