Berandasehat.id – Pasien dengan gejala Long Covid yang persisten memiliki mikrobioma oral/mulut dengan kelimpahan bakteri jauh lebih tinggi yang menyebabkan peradangan, demikian temuan penelitian oleh John P. Haran, MD, Ph.D., dan Evan S. Bradley, MD, Ph.D., di UMass Chan Medical School.

Temuan ini menunjukkan hubungan antara mikrobioma oral dan Long Covid yang mungkin menunjukkan disfungsi mikrobioma oral sebagai kontributor Covid yang berlangsung dalam durasi lama.

“Kami tidak memahami mekanisme Long Covid. Tidak ada yang tahu bagaimana atau mengapa itu terjadi,” kata Dr. Haran, profesor kedokteran darurat dan sistem mikrobiologi & fisiologis dan direktur klinis Pusat Penelitian Mikrobioma di UMass Chan.

Fenomena Long Covid

“Ada dugaan bahwa sistem kekebalan bawaan mungkin terlalu terstimulasi oleh Covid. Tidak jelas mengapa, tetapi setelah infeksi SARS-CoV-2 sembuh, sistem kekebalan tampaknya masih aktif. Apa yang kami temukan adalah sinyal biologis yang jelas terkait dengan perubahan dalam mikrobioma oral dengan gejala Long Covid. Ini menunjukkan bahwa mikrobioma mungkin berperan dalam fenomena Long Covid dan merupakan mekanisme yang perlu dipelajari lebih lanjut,” imbuhnya.

Seperti mikrobioma yang ditemukan di usus dan di kulit, mikrobioma oral adalah kumpulan bakteri yang dapat mempengaruhi perkembangan kesehatan dan penyakit. Jauh lebih kecil dari mikrobioma usus, mikrobioma oral terdiri dari beberapa ratus spesies bakteri yang berbeda. Ini adalah tempat pertemuan pertama di sepanjang saluran pencernaan, bagian di mana makanan melewati dari mulut melalui tubuh dan di mana sistem kekebalan bertemu dengan dunia luar.

Diyakini bahwa menjaga keseimbangan mikrobioma mulut dapat memainkan peran penting dalam kesehatan. Ketidakseimbangan dalam mikrobioma oral dapat menyebabkan peradangan, penyakit dan penyakit. Selain itu, ketidakseimbangan dalam mikrobioma oral telah dikaitkan dengan penyakit gusi kronis dan juga dapat berdampak pada kesehatan mikrobioma usus.

“Mikrobioma di mulut kita adalah sesuatu yang kita jalani dengan seimbang setiap hari,” kata Haran. “Sistem kekebalan bawaan membuatnya berjalan dengan lancar. Mengganggu keseimbangan ini dapat mempengaruhi sistem kekebalan bawaan dan melaluinya, kesehatan dan penyakit. Untuk pasien yang menderita gejala Long Covid, mikrobioma berubah menjadi keadaan yang sangat pro-peradangan.”

Rekan penulis studi Dr. Bradley, asisten profesor kedokteran darurat, menjelaskan bahwa tidak jelas apa perbedaan yang terlihat pada mikrobioma pasien Long Covid. “Kami percaya bahwa mikrobioma oral mempengaruhi bagaimana sistem kekebalan seseorang merespons Covid dan mikrobioma pro-peradangandapat menyebabkan gejala yang berkepanjangan bahkan setelah virus dibersihkan. Mungkin juga pada beberapa individu, Covid mendorong perubahan pada mikrobioma menuju profil pro-peradangan yang menyebabkan gejala berkepanjangan.”

Long Covid Masih Misterius

Baru-baru ini diakui sebagai diagnosis, Long Cvid didefinisikan sebagai gejala yang tidak dapat dijelaskan oleh penyebab lain, berlanjut selama lebih dari 10 minggu setelah infeksi akut Covid berlalu. Virus SARS-CoV-2 tidak lagi ada, tetapi pasien terus menderita berbagai penyakit seperti sakit kepala, kelelahan ekstrem dan perubahan dalam ingatan dan pemikiran mereka, serta kelemahan otot dan nyeri sendi dan nyeri otot.

“Ada hal lain yang terjadi selain virus SARS-CoV-2 dan tidak jelas mengapa orang-orang ini sakit,” kata Haran. “Untuk orang yang telah memiliki vaksin dan kemudian mendapatkan Covid, tampaknya vaksin itu juga tidak melindungi dari Long Covid.”

Untuk mempelajari hubungan antara Long Covid dan mikrobioma oral, Haran dan Bradley mengambil sampel 164 pasien yang datang ke ruang gawat darurat dengan infeksi Covid selama periode sembilan bulan.

Darah dan swab mulut diambil dari pasien, yang juga diuji untuk Covid. Delapan puluh empat dari 164 dinyatakan positif Covid oleh PCR dan dirawat di rumah sakit untuk perawatan. Dari jumlah tersebut, 27 berhasil dihubungi untuk ditindaklanjuti pada minggu ke empat dan ke 10. Empat belas pasien dari kelompok ini mengalami gejala yang berkelanjutan empat minggu dari kejadian penyakit dan 10 pasien memiliki gejala selama lebih dari 10 minggu. Rata-rata, pasien mengalami gejala selama 45,8 hari.

Haran dan Bradley menggunakan pengurutan seluruh genom dan algoritma canggih untuk mengidentifikasi komposisi bakteri dalam mikrobioma oral di antara pasien yang mengalami gejala Long Covid. Dari ratusan spesies bakteri yang diidentifikasi, 19 terlihat melimpah pada pasien dengan gejala Covid-19 yang sedang berlangsung yang tidak muncul pada pasien lain.

Ada kekhawatiran yang berkembang bahwa pasien Long Covid menyerupai pasien dengan myalgic encephalomyelitis/sindrom kelelahan kronis. Kedua kondisi ini memiliki beberapa gejala yang sama, terutama kelelahan dan gangguan kognitif.

Ensefalomielitis myalgic/sindrom kelelahan kronis adalah suatu kondisi yang ditandai dengan kelelahan kronis, berlangsung setidaknya enam bulan, yang mengganggu kemampuan seseorang untuk melakukan aktivitas sehari-hari dan biasanya memiliki gangguan tambahan dalam memori dan konsentrasi. Sindrom ini juga terkait erat dengan peradangan kronis sebagai pemicu gejala pasien ini.

“Ada hubungan antara mikrobioma oral, peradangan, dan Long Covid yang tidak kami pahami,” kata Haran.

“Dalam upaya memahami, mencegah, dan mengobati Long Covid, keterkaitan ini adalah sesuatu yang perlu digali lebih dalam. Untuk itu, kami membutuhkan studi longitudinal yang lebih besar dengan lebih banyak sukarelawan dan lebih banyak data,” pungkasnya. (BS)