Berandasehat.id – Penurunan berat badan setelah diabetes gestasional dapat mencegah timbulnya diabetes tipe 2. Namun menemukan cara paling efektif untuk menurunkan berat badan dan mempertahankannya bisa menjadi tantangan, terutama bagi ibu yang habis melahirkan.

Kini, penelitian baru dari University of South Australia menunjukkan bahwa diet populer yang dikenal dengan formula 5:2 atau puasa intermiten sama efektifnya dengan diet pembatasan energi konvensional, memungkinkan wanita lebih banyak memilih dan fleksibel dalam hal penurunan berat badan.

Diet 5:2 memungkinkan lima hari makan normal setiap minggu sementara secara substansial membatasi kalori selama dua hari seminggu, berbeda dengan diet khas yang membutuhkan pembatasan energi moderat setiap hari.

Secara global, satu dari lima kehamilan dipengaruhi oleh diabetes gestasional. Karena kondisi ini wanita memiliki risiko sepuluh kali lipat terkena diabetes tipe 2 di kemudian hari. Wanita yang memiliki diabetes gestasional dan juga kelebihan berat badan memiliki risiko yang lebih tinggi. 

Ilustrasi diet rendah kalori

Diabetes tipe 2 memiliki konsekuensi seumur hidup dan dapat menyebabkan penyakit kronis lainnya seperti penyakit jantung dan kanker.

Peneliti utama, Dr. Kristy Gray dari UniSA, mengatakan temuan ini akan disambut baik oleh para wanita yang ingin menurunkan berat badan. “Diabetes gestasional adalah jenis diabetes yang paling cepat berkembang di Australia, mempengaruhi 15 persen kehamilan,” kata Dr. Gray.

“Makan sehat dan aktivitas fisik teratur direkomendasikan untuk mengelola diabetes gestasional, dengan diet pembatasan energi berkelanjutan—atau diet yang mengurangi kalori hingga 25-30 persen—menjadi strategi paling umum untuk menurunkan berat badan dan pencegahan diabetes,” imbuh Gray.

“Masalahnya adalah, bagaimanapun, bahwa ibu baru sering mengalami kesulitan untuk menurunkan berat badan, harus berjuang dengan kelelahan dan tanggung jawab keluarga. “Jadi ketika bicara tentang penurunan berat badan, banyak yang merasa sulit untuk tetap berpegang pada diet rendah kalori,” bebernya.

Dr. Gray menambahkan, diet 5:2 mungkin memberikan pilihan yang tidak terlalu banyak. Karena hanya memotong kalori selama dua hari, beberapa wanita mungkin merasa lebih mudah untuk mengadopsi dan mematuhinya, dibandingkan dengan diet rendah kalori yang secara konsisten membutuhkan manajemen yang konstan.

“Penelitian kami menunjukkan bahwa diet 5:2 sama efektifnya untuk mencapai penurunan berat badan seperti diet pembatasan energi berkelanjutan pada wanita yang menderita diabetes gestasional. Ini sangat baik karena memberikan wanita pilihan dan kontrol yang lebih besar. Tentu saja, wanita harus mencari nasihat dari ahli kesehatan sebelum memulai jenis diet ini, untuk memastikan bahwa itu cocok untuk mereka,” saran Gray.

Penelitian ini menyelidiki efek dari diet 5:2 (lima hari makan normal dan dua hari 500 kalori) dan diet pembatasan energi berkelanjutan (1500 kalori per hari) pada penurunan berat badan dan penanda risiko diabetes pada wanita dengan riwayat diagnosis diabetes gestasional. Kedua diet membatasi energi sekitar 25 persen setiap minggu. (BS)