Sudah Lakukan Perubahan Gaya Hidup Namun Hipertensi Masih Anteng, Ini yang Perlu Dilakukan

Berandasehat.id – Jika segala upaya telah dilakukan untuk menurunkan tekanan darah, termasuk melakukan  perubahan gaya hidup, namun hipertensi tetap bertengger selama enam bulan, dokter akan mempertimbangkan untuk meresepkan obat, demikian pernyataan ilmiah yang dirilis oleh American Heart Association.

Rekomendasi itu berlaku untuk orang dengan tekanan darah tinggi stadium 1 yang tidak diobati (130-139 / 80-89 mm Hg) – yang memiliki risiko rendah terkena serangan jantung atau stroke dalam 10 tahun. Risiko rendah dalam hal ini berarti kurang dari 10%, demikian menurut pernyataan yang diterbitkan 29 April di jurnal Hypertension. 

Pernyataan tersebut memperbarui Pedoman Manajemen Tekanan Darah American College of Cardiology / American Heart Association 2017, yang merekomendasikan agar orang-orang dengan hipertensi stadium pertama terlebih dahulu membuat perubahan gaya hidup sehat dan kemudian memeriksa tekanan darah mereka lagi dalam enam bulan.

“Tidak ada rekomendasi pengobatan dalam pedoman [2017] untuk pasien yang memiliki risiko penyakit jantung jangka pendek yang relatif rendah ketika tekanan darah tidak turun di bawah 130 mm Hg setelah enam bulan perubahan gaya hidup yang direkomendasikan,” kata ketua kelompok penulis Dr Kata Daniel Jones dalam rilis berita AHA. “Pernyataan ini mengisi celah itu,” kata Jones, profesor dan dekan emeritus di Fakultas Kedokteran Universitas Mississippi, dan mantan presiden asosiasi jantung.

Banyak orang dengan tekanan darah tinggi stadium 1 adalah orang dewasa yang berusia di bawah 40 tahun. “Kami tahu bahwa orang dengan tekanan darah di bawah 130/80 mm Hg memiliki penanda risiko kardiovaskular yang lebih sedikit seperti kalsium koroner yang meningkat, pembesaran jantung, atau penumpukan lemak yang disebut aterosklerosis di arteri leher. Ada bukti kuat yang mengobati tekanan darah tinggi menyelamatkan nyawa dengan mengurangi risiko serangan jantung dan stroke,” beber Jones.

Perubahan gaya hidup sehat untuk menurunkan tekanan darah meliputi penurunan / kontrol berat badan, olahraga teratur, membatasi asupan garam, meningkatkan asupan kalium, tidak merokok, dan membatasi penggunaan alkohol. Juga disarankan mengikuti diet Dietary Approaches to Stop Hypertension (DASH), yaitu pola makan yang tinggi buah-buahan dan sayuran yang dikombinasikan dengan produk susu rendah lemak, dan rendah lemak jenuh dan lemak total.

Penting juga bagi pasien untuk memeriksa tekanan darah mereka secara teratur untuk memantau kemajuan. “Jika mereka tidak mencapai tekanan darah sistolik harian rata-rata kurang dari 130 mm Hg, mungkin sudah waktunya untuk berdiskusi dengan dokter terkait langkah-langkah praktis selanjutnya, yang mungkin termasuk meminum obat guna mengatur tekanan darah mereka,” lanjut Jones.

Juga dikatakan bahwa pada dewasa muda yang mulai minum obat penurun tekanan darah selama masa kanak-kanak, dokter harus mempertimbangkan indikasi awal untuk memulai pengobatan (biasanya untuk mencegah kerusakan organ akibat tekanan darah tinggi jangka panjang) dalam menilai perlunya melanjutkan pengobatan dan perubahan gaya hidup. (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s