Strategi Agar Sukses Turun Berat Badan Pasca Melahirkan

Berandasehat.id – Setelah melahirkan, jangan buru-buru ingin langsing apalagi secara instan. Lakukan hal ini secara perlahan-lahan, bertahap, karena upaya ini dinilai lebih berhasil. Sisi baiknya adalah, tingkat kebugaran tetap terjaga.

Cara penurunan berat badan secara cepat pasca-melahirkan sama sekali tak disarankan, demikian menurut Alison Bourne, ahli fisioterapi BabyCentre.co.uk. Selama hamil, tubuh telah melakukan pekerjaan yang menakjubkan membawa bayi di dalam kandungan hingga melahirkannya. Jadi, biarkan tubuh pulih dulu.

Saat sudah siap, Mom dapat melakukan beberapa olahraga ringan untuk membantu meningkatkan kebugaran. Mulailah dengan melatih dasar panggul dan otot di perut dengan latihan ringan (tidak melakukan sit-up). Dengan catatan jika kehamilan dan kelahiran berlangsung alami.

Berjalan-jalanlah dalam jarak pendek setiap hari dengan mendorong kereta bayi. Hal ini akan meningkatkan sirkulasi tubuh dan merupakan latihan ringan yang bisa dilakukan. Memang, tampaknya berjalan-jalan seperti ini membutuhkan upaya keras, namun dampak positifnya akan bisa dirasakan.

Manfaat lainnya, menghabiskan waktu di luar rumah sebagai bentuk olahraga ringan juga akan membantu untuk mengangkat suasana hati, dan memberikan lebih banyak energi untuk mengatasi ‘kekagetan’ menjadi ibu baru. “Meskipun menemukan waktu untuk berolahraga mungkin sulit, namun hal itu bukan mustahil untuk dilakukan asalkan menjadi prioritas,” kata Bourne.

Harus Realistis Turunkan Berat Badan

Jangan terlalu berharap dengan memasang target tinggi di awal minggu ketika mulai menerapkan aktivitas olahraga ringan ini. Lakukan saja yang bisa dijalani, bahkan meskipun hanya selama 10-15 menit dalam sehari.

Apa risikonya olahraga keras yang terlalu cepat dilakukan setelah melahirkan? Risikonya lumayan serius lho. Jika Mom berolahraga keras terlalu cepat setelah melahirkan, perdarahan vagina (lokia) mungkin menjadi lebih berat, atau darah berubah menjadi merah terang. Ini adalah sinyal untuk memperlambat dan mengurangi intensitas olahraga.

Sekira enam minggu setelah bayi lahir, atau setelah pemeriksaan pasca-persalinan, Mom bisa secara bertahap mulai meningkatkan intensitas latihan rutin. Jangan memaksakan berenang sampai perdarahan vagina berhenti, minimal dalam tujuh hari, untuk mencegah timbulnya infeksi.

Lakukan aktivitas berjalan selama 30 menit terus menerus, lima hari seminggu. Setelah mampu berjalan dengan nyaman selama 20 menit, mulailah meningkatkan kecepatan. Berjalan satu mil dalam 15 menit adalah kecepatan yang baik untuk membakar lemak, latihan jantung (kardio) dan paru-paru.

Pastikan membawa pedometer dan pantaulah berapa banyak Mom telah berjalan. Hal ini penting untuk motivasi diri dan membantu upaya menurunkan berat badan.

Jenis Latihan untuk Turun Berat Badan

Latihan aerobik, seperti jalan cepat, bersepeda, atau berenang adalah cara terbaik untuk menurunkan berat badan . Lebih baik lagi apabila Mom menggabungkan aktivitas ini dengan makan sehat.

Fokuskan latihan pada gerakan lengan dan kaki yang cepat yang membuat jantung berdetak lebih cepat. Jika Mom kesulitan untuk melakukan sesi latihan penuh, 10 menit selama tiga sesi sepanjang hari akan tetap efektif.

Cari aktivitas yang Mom nikmati. Bergabung dengan kelompok latihan akan membuat bugar.

Mom bisa mencoba DVD latihan pasca-persalinan. Carilah latihan ringan yang telah diakreditasi oleh badan profesional. Pilates misalnya, sangat ideal karena berfokus pada dasar panggul dan otot-otot inti yang lemah karena kehamilan dan kelahiran.

Jangan lupa, bicarakan dengan pasangan tentang kebutuhan Anda untuk berolahraga, sehingga ia dapat memberikan dukungan. Berjalan bersama-sama dengan pasangan disarankan, karena ini akan meningkatkan motivasi sekaligus mempertahankan hubungan baik dengan pasangan.

Jika Mom menyusui, pastikan susui bayi sebelum berolahraga. Bergerak dengan payudara penuh berisi air susu bisa menimbulkan ketidaknyamanan. Kenakan bra khusus menyusui saat olahraga akan memberikan dukungan ekstra. Susuilah buah hati, karena menggabungkan menyusui dengan makan sehat dan olahraga teratur bisa membantu menurunkan berat badan secara bertahap. (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s