Berandasehat.id – Sebuah studi baru yang dilakukan para peneliti di Sekolah Kesehatan Masyarakat Dalla Lana Universitas Toronto menunjukkan bahwa meningkatkan level kebugaran kardiorespirasi dapat membantu melindungi kita dari COVID-19.

Temuan yang dipublikasikan baru-baru ini di jurnal PLOS One, menunjukkan bahwa orang yang bugar memiliki risiko kematian yang lebih rendah akibat penyakit tersebut.

“Salah satu temuan yang penting dari penelitian ini adalah bahwa siapa saja dengan tingkat aktivitas fisik di atas rendah lebih terlindungi,” kata Rebecca Christensen, Ph.D. mahasiswa dan penulis utama studi. “Berlari secara teratur dapat melindungi diri dari infeksi COVID-19.”

Para peneliti memeriksa kohort yang terdiri dari 2.690 orang dewasa dari UK Biobank Study dan hanya berfokus pada risiko yang terkait dengan kematian dan kemungkinan tertular virus. Mereka tidak menemukan hubungan yang signifikan antara tingkat kebugaran dan risiko infeksi. Studi tersebut tidak memeriksa tingkat keparahan penyakit yang mencakup rawat inap.

Rentang data terbatas pada usia 49 hingga 80 tahun, tetapi sampelnya cukup besar untuk melihat kematian spesifik COVID. Tim mengamati aktivitas fisik berdasarkan persentil dalam kelompok usia sepuluh tahun yang diberikan variabel terbatas UK Biobank. Persentil ke-20 terendah dikategorikan sebagai kebugaran rendah; persentil ke-40 hingga ke-80 adalah sedang; dan di atas persentil ke-80 berada di atas rata-rata.

Para peneliti mengamati bahwa olahraga rendah hingga sedang tampaknya membuat perbedaan. “Seseorang yang baru saja beralih dari tidak melakukan kebugaran menjadi bugar dapat melihat manfaat yang cukup besar. Dan itulah mengapa kami menarik data berdasarkan usia dan ambang batas tingkat aktivitas,” kata Christensen. “Kami ingin melihat apakah jika melakukan sesuatu, apakah itu akan berdampak? Jawabannya adalah ya — selama kita melakukan sesuatu secara konsisten.”

Aktivitas fisik menurun seiring bertambahnya usia tetapi jika kita lebih bugar untuk orang-orang dalam kelompok usia itu, maka manfaatnya akan didapat, kata Christensen.

“Rutinitas harus mencakup latihan kardio yang intens, yang membuat berkeringat atau bernapas dengan berat,” kata Christensen. “Tetapi tidak perlu menjadi pelari maraton.”

Manfaat terbesar adalah berubah dari tidak aktif ke sejumlah aktivitas fisik yang konsisten.

Ada beberapa kasus atlet yang terjangkit COVID-19. Christensen mengatakan bahwa sifat pekerjaan mereka meningkatkan kemungkinan tertular COVID-19 karena sebagian besar berolahraga di lingkungan dengan orang lain dalam pengaturan dekat. “Tingkat keparahan gejala dapat dikaitkan dengan stres fisik dari latihan intens sang atlet,” ujarnya. “Orang yang banyak berolahraga sebenarnya bisa mengalami penurunan sistem kekebalan dengan berolahraga berlebihan.”

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) belum lama ini menggandakan pedoman aktivitas fisik yang direkomendasikan. “Kita punya waktu hingga 300 menit (sekitar lima jam) alih-alih 150 menit (sekitar dua setengah jam) per minggu. Jadi, kita harus mulai melihat pentingnya aktivitas fisik.”

“Semakin cepat memulai, semakin baik. Kita dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar ketika beralih dari tidak melakukan apapun menjadi melakukannya,” saran Christensen. (BS)