Ilmuwan Temukan Cara Baru Kendalikan Virus Covid-19

Berandasehat.id – Para ilmuwan dari Universitas Hokkaido telah menemukan tanggapan pertahanan baru terhadap SARS-CoV-2 – virus penyebab COVID-19 – yang melibatkan reseptor pengenalan pola virus RIG-I. Peningkatan ekspresi protein ini dapat memperkuat respons imun pada pasien PPOK (penyakit paru obstruktif kronis).

Dalam 18 bulan sejak laporan pertama COVID-19 dan penyebaran pandemi, ada banyak penelitian untuk memahaminya dan mengembangkan beragam cara untuk mengobatinya. COVID-19 tidak mempengaruhi semua orang yang terinfeksi secara merata. Banyak orang tidak menunjukkan gejala; dari mereka yang bergejala, sebagian besar mengalami gejala ringan, dan hanya sebagian kecil yang mengalami kasus parah. Alasan untuk ini tidak sepenuhnya dipahami dan merupakan area penting dari penelitian yang sedang berlangsung.

Sebuah tim ilmuwan dari Universitas Hokkaido, yang dipimpin oleh Profesor Akinori Takaoka dari Institute for Genetic Medicine, telah menunjukkan bahwa RIG-I, molekul biologis yang mendeteksi virus RNA, menahan replikasi SARS-CoV-2 di sel paru manusia. Temuan yang dapat membantu memprediksi hasil pasien COVID-19, diterbitkan dalam jurnal Nature Immunology.

Hingga saat ini, lebih dari 162 juta orang telah terpengaruh oleh COVID-19. Sekitar 40% -45% dari orang-orang ini tidak menunjukkan gejala; sekitar 35% – 40% mengalami bentuk penyakit ringan, sedangkan 19% sisanya dipengaruhi oleh gejala yang cukup parah sehingga memerlukan rawat inap atau berakibat fatal, yang biasanya berhubungan dengan penyakit penyerta dan faktor risiko seperti PPOK. Rentang gejala ini menunjukkan bahwa ada perbedaan besar antara tanggapan individu terhadap virus.

Patogen mikroba dalam tubuh kita dideteksi oleh protein yang disebut reseptor pengenalan pola (PRR), yang juga memicu respons imun terhadap patogen ini. Infeksi virus dideteksi oleh subset PRR; para ilmuwan memusatkan perhatian mereka pada protein RIG-I, yang termasuk dalam subset ini. RIG-I dikenal sangat penting untuk mendeteksi dan menanggapi virus RNA seperti virus influenza.

Dalam percobaan yang dilakukan pada garis kultur sel, para ilmuwan menemukan bahwa ada sedikit respons imun bawaan terhadap SARS-CoV-2 di sel paru, menunjukkan jalur pensinyalan yang mengarah ke respons imun dibatalkan. Namun demikian, replikasi virus dapat ditekan. Para ilmuwan menyelidiki peran RIG-I dan menemukan bahwa kekurangannya menyebabkan peningkatan replikasi virus. Percobaan lebih lanjut menegaskan bahwa penekanan replikasi virus tergantung pada RIG-I.

Sebuah penelitian tunggal sebelumnya telah menunjukkan bahwa ekspresi RIG-I diregulasi ke bawah dalam sel paru pasien PPOK. Dengan menggunakan sel paru primer dari dua pasien PPOK, para ilmuwan menunjukkan bahwa regulasi RIG-I yang turun ini menghasilkan deteksi replikasi virus setelah 5 hari. Mereka juga menunjukkan bahwa pengobatan sel COPD ini dengan all-trans retinoic acid (ATRA), yang meningkatkan ekspresi RIG-I, secara signifikan mengurangi titer virus di dalam sel.

Lebih lanjut, dengan menggunakan mutan RIG-I, peneliti dapat menjelaskan mekanisme yang digunakan RIG-I untuk menekan replikasi SARS-CoV-2: Domain helikase, elemen struktural dalam RIG-I, berinteraksi dengan RNA virus, memblokir virus- enzim turunan yang bertanggung jawab untuk replikasi.

Studi ini telah mendemonstrasikan mode pengenalan virus yang unik dari RIG-I, yang disebut mekanisme pertahanan anti-SARS-CoV-2 yang dimediasi oleh RIG-I-mediated signaling-abortive. Ini juga menunjukkan bahwa tingkat ekspresi RIG-I adalah salah satu parameter potensial untuk prediksi hasil pasien COVID-19. Studi lebih lanjut harus dilakukan untuk mengungkap faktor atau kondisi yang memodulasi tingkat ekspresi RIG-I, dan dapat mengarah pada strategi baru untuk mengendalikan infeksi SARS-CoV-2, demikian MedicalXpress. (BS)