Tai Chi Efektif Turunkan Berat Badan Setara Aerobik dan Latihan Kekuatan

Berandasehat.id – Mempraktikkan tai chi, dengan teknik meditatif dan gerakan yang mengalir berirama sama baiknya dengan latihan aerobik dan latihan kekuatan untuk mencapai beberapa manfaat kesehatan seperti mengurangi ukuran pinggang dan meningkatkan kolesterol, demikian menurut temuan baru.

Multi-ethnic group of adults practicing tai chi in park. Main focus on Asian woman.

Hasil ujicoba terkontrol secara acak yang dipublikasikan secara online pada 31 Mei di Annals of Internal Medicine menunjukkan bahwa orang yang mengalami kesulitan dengan beberapa jenis latihan aerobik dapat memperoleh manfaat serupa dari tai chi. “Studi ini sangat mengesankan,” kata Bavani Nadeswaran, dari Institut Kesehatan Integratif Susan Samueli Universitas California Irvine, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

“Banyak orang mengalami arthritis atau sakit punggung, dan latihan aerobik bisa jadi sulit bagi mereka,” katanya. “Hal yang baik tentang latihan seperti tai chi dan yoga adalah berdampak rendah.” Artinya, orang yang tidak dapat berlari atau mendapatkan akses ke kolam renang untuk berenang memiliki alternatif yang layak.

Penelitian melibatkan hampir 550 orang dewasa berusia 50 tahun ke atas di Hong Kong yang secara acak ditugaskan untuk melakukan tai chi, latihan aerobik dengan latihan kekuatan, atau tanpa program latihan selama 12 minggu. Semua memiliki lingkar pinggang lebih besar dari 35,4 inci untuk pria dan 31,5 inci untuk wanita.

Program tai chi melibatkan tiga sesi latihan mingguan selama 1 jam, dipimpin oleh seorang instruktur. Mereka yang mengambil bagian dalam kelompok latihan aerobik terlibat tiga kali setiap minggu dalam program latihan cepat tai chi dan latihan kekuatan, yang juga dipimpin oleh seorang instruktur.

Para peneliti mengukur perubahan ukuran lingkar pinggang, kadar kolesterol, dan berat badan selama sekitar 9 bulan. Mereka yang tidak berolahraga memiliki sedikit perubahan pada lingkar pinggang rata-rata. Dibandingkan dengan kelompok yang tidak berolahraga, lingkar pinggang rata-rata orang dalam dua kelompok olahraga menurun lebih banyak: 0,7 inci lebih banyak pada orang yang melakukan tai chi, dan 0,5 inci lebih banyak dengan jalan cepat dan latihan kekuatan.

Kedua kelompok olahraga juga mengalami penurunan berat badan dan trigliserida (sejenis lemak yang ditemukan dalam darah) yang lebih besar, dan peningkatan kolesterol lipoprotein densitas tinggi (HDL/kolesterol baik) yang lebih besar, dibandingkan dengan kelompok yang tidak berolahraga. Semua perbaikan ini berlangsung sekitar 9 bulan dengan tai chi. Namun peningkatan kadar kolesterol tidak berlangsung lama pada mereka yang mengikuti program jalan cepat.

Para peneliti juga melihat efek pada tekanan darah dan gula darah, tetapi mereka tidak menemukan perbedaan di antara kedua kelompok.

Temuan ini tidak berarti bahwa orang dengan lingkar pinggang yang lebih besar harus membuang program olahraga mereka saat ini dan beralih ke tai chi, kata penulis studi Parco Siu, PhD, kepala Divisi Kinesiologi di Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Hong Kong. 

Studi menunjukkan bahwa tai chi adalah pilihan yang baik jika seseorang menyukainya. “Ini adalah kabar baik bagi orang dewasa paruh baya dan lebih tua yang mungkin menolak olahraga konvensional,” ujarnya. “Tetapi tentu saja tidak masalah bagi orang-orang untuk tetap berpartisipasi secara teratur dalam olahraga konvensional.”

Tai chi juga bisa menjadi pilihan yang baik untuk orang-orang tanpa lingkar pinggang yang lebih besar karena berlatih aktivitas ini adalah cara untuk mengikuti saran dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), tentang aktivitas fisik, kata Siu.

Siu dan peneliti lain menekankan beberapa batasan dalam penelitian ini, termasuk bahwa semua orang yang ambil bagian berada di Cina jadi bagaimana praktik tersebut akan mempengaruhi orang-orang di berbagai wilayah tidak jelas. Juga, hampir sepertiga dari mereka yang memulai studi berhenti sebelum studi berakhir, dan mereka cenderung memiliki berat badan yang lebih tinggi daripada mereka yang bertahan hingga akhir. 

Para penulis mengatakan tingkat ‘putus latihan’  yang tinggi ini dapat berarti bahwa beberapa orang memiliki pengalaman negatif selama program latihan mereka.

Langkah selanjutnya, kata Siu, adalah menilai lebih lanjut bagaimana tai chi mempengaruhi hal-hal seperti gula darah dan tekanan darah. Selain itu, studi tahap awal juga menunjukkan tai chi memiliki beberapa efek positif pada suasana hati dan kognisi, namun hal ini perlu penelitian lebih lanjut.

Nadeswaran dari UC Irvine setuju. “Studi ini menjadi pintu gerbang untuk melihat jangka panjang bagaimana berlatih tai chi dapat mempengaruhi risiko seseorang meninggal akibat penyakit jantung atau penyebab lain,” ujarnya. 

Studi melibatkan evaluasi efek tai chi pada beberapa kondisi, termasuk sindrom metabolik dan bahkan akibat COVID-19. 

Sementara para peneliti mengejar pertanyaan-pertanyaan ini, tai chi dapat diakses dengan banyak cara. Siu mencatat ketersediaan kelas dalam praktik “meditasi dalam gerakan” ini di pusat komunitas dan klub kebugaran. Bagi orang-orang yang belum bisa kembali beraktivitas di dunia nyata, kelas tai chi virtual juga tersedia, demikian WebMD. (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s