Dengerin Musik Pengantar Tidur Justru Jadi Gangguan

Berandasehat.id – Musik pengantar tidur yang seharusnya membantu kita tertidur ternyata malah memiliki efek sebaliknya. Studi baru mengungkap “earworm” bagian komposisi yang menarik yang dapat tersangkut di kepala seseorang juga dapat menyelinap ke dalam mimpi seseorang, mempengaruhi kemampuan kita untuk tertidur dan tidur nyenyak.

“Otak kita terus memproses musik bahkan ketika tidak ada yang diputar, termasuk saat kita tidur,” kata penulis studi Michael Scullin, peneliti tidur di Baylor University, di Houston.

“Semua orang tahu bahwa mendengarkan musik terasa menyenangkan. Remaja dan dewasa muda secara rutin mendengarkan musik menjelang waktu tidur,” kata Scullin. “Semakin kita mendengarkan musik, semakin besar kemungkinan untuk terkena earworm yang tidak akan hilang pada waktu tidur. Ketika itu terjadi, kemungkinan tidur akan terganggu.”

Survei melibatkan 209 peserta, dimana mereka menyelesaikan serangkaian kuesioner tentang kualitas tidur, kebiasaan mendengarkan musik, dan frekuensi earworm (gangguan tidur). Pertanyaan yang diajukan termasuk seberapa sering mereka mengalami earworm ketika mencoba untuk tertidur, ketika bangun di tengah malam dan saat bangun di pagi hari.

Kemudian, 50 peserta datang ke Scullin’s Sleep Neuroscience and Cognition Laboratory di Baylor, di mana tim peneliti mencoba menginduksi earworm untuk menentukan bagaimana hal itu mempengaruhi kualitas tidur. 

Para peneliti merekam gelombang otak, detak jantung, pernapasan, dan lainnya saat mereka tidur. Para peneliti juga mengambil pembacaan EEG – catatan aktivitas listrik di otak – untuk memeriksa penanda fisiologis konsolidasi memori yang bergantung pada tidur. Konsolidasi memori adalah proses di mana ingatan sementara secara spontan diaktifkan kembali selama tidur dan diubah menjadi bentuk yang lebih jangka panjang. 

Para peneliti memainkan tiga lagu yang menarik, “Shake It Off” Taylor Swift, “Call Me Maybe” milik Carly Rae Jepsen, dan “Don’t Stop Believin'” milik Journey, secara acak menugaskan peserta untuk mendengarkan versi asli dari lagu-lagu tersebut atau versi instrumental dari lagu tersebut.

Selanjutnya peserta melaporkan apakah dan kapan mereka mengalami earworm. Kemudian peneliti menganalisis apakah itu mempengaruhi tidur responden. Orang yang terkena earworm mengalami kesulitan tidur yang lebih besar, lebih sering terbangun di malam hari, dan menghabiskan lebih banyak waktu dalam tahap tidur ringan.

Studi ini menemukan bahwa individu dengan kebiasaan mendengarkan musik yang lebih kerap bakal  mengalami earworms terus-menerus dan penurunan kualitas tidur. Hasil ini bertentangan dengan gagasan musik sebagai hipnotis yang mungkin membantu tidur, menurut penelitian yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science, 9 Juni 2021.

“Hampir semua orang berpikir musik meningkatkan kualitas tidur mereka, tetapi kami menemukan mereka yang mendengarkan lebih banyak musik justru mengalami  tidur lebih buruk,” kata Scullin dalam rilis berita dari Association for Psychological Science. “Apa yang benar-benar mengejutkan adalah bahwa musik instrumental menyebabkan kualitas tidur yang lebih buruk, yaitu menyebabkan sekitar dua kali lebih banyak earworms.” 

Agar musik tidak berdampak negatif pada tidur, Scullin merekomendasikan untuk mencoba mendengarkan musik secara moderat atau sesekali istirahat jika terganggu oleh earworm. Hindari mendengarkan musik sebelum tidur. Cara lain untuk menyingkirkan earworm adalah dengan terlibat dalam aktivitas mental — fokus penuh pada tugas, masalah, atau aktivitas membantu mengalihkan otak dari gangguan tidur ini. 

Menjelang waktu tidur, daripada terlibat dalam aktivitas yang menuntut atau sesuatu yang akan mengganggu tidur, seperti menonton TV atau bermain video game, Scullin menyarankan untuk menghabiskan lima hingga 10 menit untuk menulis daftar tugas dan menuangkan pemikiran ke kertas.

Nah, silakan coba ya (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s