Pemanis Buatan Bisa Ubah Perangai Bakteri Baik di Usus Jadi Jahat

Berandasehat.id – Penelitian baru telah menemukan bahwa pemanis buatan yang umum dijual di pasaran dapat menyebabkan bakteri usus yang sebelumnya sehat menjadi sakit dan menyerang dinding usus. Hal ini berpotensi menyebabkan masalah kesehatan yang serius.

Studi yang diterbitkan dalam International Journal of Molecular Sciences ini adalah yang pertama menunjukkan efek patogen dari beberapa pemanis buatan yang paling banyak digunakan—sakarin, sukralosa dan aspartam—pada dua jenis bakteri usus, E. coli (Escherichia coli ) dan E. faecalis (Enterococcus faecalis).

Studi sebelumnya telah menunjukkan bahwa pemanis buatan dapat mengubah jumlah dan jenis bakteri dalam usus, tetapi penelitian molekuler baru – yang dipimpin oleh akademisi dari Anglia Ruskin University (ARU), telah menunjukkan bahwa pemanis juga dapat membuat bakteri menjadi patogen. Studi menemukan bahwa bakteri patogen ini dapat menempel, menyerang, dan membunuh sel Caco-2, yang merupakan sel epitel yang melapisi dinding usus.

Diketahui bahwa bakteri seperti E. faecalis yang melintasi dinding usus dapat memasuki aliran darah dan berkumpul di kelenjar getah bening, hati, dan limpa, menyebabkan sejumlah infeksi termasuk septikemia.

Studi baru menemukan bahwa pada konsentrasi yang setara dengan dua kaleng minuman ringan diet, ketiga pemanis buatan secara signifikan meningkatkan adhesi E. coli dan E. faecalis ke sel Caco-2 usus, dan secara berbeda meningkatkan pembentukan biofilm.

Bakteri yang tumbuh dalam biofilm kurang sensitif terhadap pengobatan resistensi antimikroba dan lebih cenderung mengeluarkan racun dan mengekspresikan faktor virulensi, yang merupakan molekul yang dapat menyebabkan penyakit.

Selain itu, ketiga pemanis tersebut menyebabkan bakteri patogen usus menyerang sel Caco-2 yang terdapat di dinding usus, kecuali sakarin yang tidak berpengaruh signifikan terhadap invasi E. coli.

Penulis senior makalah Dr. Havovi Chichger, dosen senior Ilmu Biomedis di Universitas Anglia Ruskin (ARU), mengatakan ada banyak kekhawatiran tentang konsumsi pemanis buatan, dimana beberapa penelitian menunjukkan bahwa pemanis dapat mempengaruhi lapisan bakteri yang mendukung usus, yang dikenal sebagai mikrobiota usus.

“Studi kami adalah yang pertama menunjukkan bahwa beberapa pemanis yang paling umum ditemukan dalam makanan dan minuman—sakarin, sukralosa, dan aspartam—dapat membuat bakteri usus normal dan ‘sehat’ menjadi patogen. Perubahan patogen ini mencakup pembentukan biofilm yang lebih besar dan peningkatan adhesi. dan invasi bakteri ke dalam sel usus manusia,” ujarnya. “Perubahan ini dapat menyebabkan bakteri usus menyerang dan menyebabkan kerusakan pada usus kita, yang dapat dikaitkan dengan infeksi, sepsis, dan kegagalan multi-organ.”

“Kita tahu bahwa konsumsi gula yang berlebihan merupakan faktor utama dalam perkembangan kondisi seperti obesitas dan diabetes. Oleh karena itu, penting untuk meningkatkan pengetahuan tentang pemanis versus gula dalam makanan untuk lebih memahami dampaknya terhadap kesehatan kita,” pungkas Chichger. (BS)