Ilmuwan Temukan 200 Obat Potensial untuk Terapi Covid-19

Berandasehat.id – Pencarian obat untuk mengatasi COVID terus berlanjut. Ilmuwan Cambridge telah mengidentifikasi 200 obat yang disetujui yang diprediksi bekerja melawan COVID-19 — di mana hanya 40 yang saat ini sedang diuji dalam uji klinis COVID-19.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di Science Advances, tim yang dipimpin oleh para peneliti di Milner Therapeutics Institute dan Gurdon Institute di University of Cambridge menggunakan kombinasi biologi komputasi dan pembelajaran mesin untuk membuat peta komprehensif protein yang terlibat dalam SARS-CoV-2. Dengan memeriksa jaringan ini menggunakan pendekatan kecerdasan buatan (AI), mereka dapat mengidentifikasi protein utama yang terlibat dalam infeksi serta jalur biologis yang mungkin ditargetkan oleh obat-obatan.

Hingga saat ini, sebagian besar pendekatan molekul kecil dan antibodi untuk mengobati COVID-19 adalah obat yang saat ini menjadi subjek uji klinis atau telah melalui uji klinis dan telah disetujui. Sebagian besar fokusnya adalah pada beberapa virus atau target inang utama, atau pada jalur—seperti peradangan—di mana terapi obat dapat digunakan sebagai intervensi.

Tim menggunakan pemodelan komputer untuk melakukan ‘layar virtual’ dari hampir 2.000 obat yang disetujui dan mengidentifikasi 200 obat yang disetujui yang dapat efektif melawan COVID-19. Empat puluh obat ini telah memasuki uji klinis, yang menurut para peneliti mendukung pendekatan yang mereka ambil.

Ketika para peneliti menguji bagian dari obat-obatan yang terlibat dalam replikasi virus, mereka menemukan bahwa dua khususnya—obat antimalaria dan sejenis obat yang digunakan untuk mengobati artritis reumatoid—mampu menghambat virus, memberikan validasi awal berdasarkan data pendekatan mereka.

Profesor Tony Kouzarides, Direktur Milner Therapeutics Institute, yang memimpin penelitian mengatakan dengan melihat ribuan protein yang berperan dalam infeksi SARS-CoV-2- baik secara aktif maupun sebagai konsekuensi dari infeksi – peneliti telah mampu membuat jaringan yang mengungkap hubungan antara protein ini. “Kami kemudian menggunakan pembelajaran mesin dan teknik pemodelan komputer terbaru untuk mengidentifikasi 200 obat yang disetujui yang mungkin membantu dalam mengobati COVID-19. Dari jumlah tersebut, 160 belum pernah dikaitkan dengan infeksi ini sebelumnya. Ini dapat memberi lebih banyak amunisi di gudang senjata untuk melawan virus,” ujarnya.

Dengan menggunakan analisis jaringan saraf tiruan, tim mengklasifikasikan obat tergantung pada peran menyeluruh dari target mereka dalam infeksi SARS-CoV-2: yang menargetkan replikasi virus dan yang menargetkan respons imun. Mereka kemudian mengambil bagian dari obat yang terlibat dalam replikasi virus dan mengujinya menggunakan garis sel yang berasal dari manusia dan dari primata non-manusia.

Dari catatan khusus ada dua obat, sulfasalazine (digunakan untuk mengobati kondisi seperti rheumatoid arthritis dan penyakit Crohn) dan proguanil (obat antimalaria), yang menunjukkan hasil dapat mengurangi replikasi virus SARS-CoV-2 dalam sel, meningkatkan kemungkinan potensi penggunaan untuk mencegah infeksi atau untuk mengobati COVID-19.

Namshik Han, Kepala Penelitian Komputasi dan AI di Milner Therapeutics Institute, menambahkan studi itu telah memberikan informasi tak terduga tentang mekanisme yang mendasari COVID-19 dan telah memberi petunjuk beberapa obat yang menjanjikan yang mungkin digunakan kembali untuk mengobati atau mencegah infeksi. “Sementara kami mengambil pendekatan berbasis data – pada dasarnya memungkinkan algoritma kecerdasan buatan untuk menginterogasi kumpulan data. Kami kemudian memvalidasi temuan itu di laboratorium guna mengonfirmasi kekuatan pendekatan itu,” ujar Han.

“Kami berharap sumber obat potensial ini akan mempercepat pengembangan obat baru melawan COVID-19. Kami percaya pendekatan kami akan berguna untuk merespons dengan cepat varian baru SARS-CoV2 dan patogen baru lainnya yang dapat mendorong pandemi di masa depan,” tandas Han. (BS)