Gangguan Tidur pada Kehamilan Bisa Diterapi Tanpa Obat, Ini Caranya

Berandasehat.id – Kurang tidur selama kehamilan dan pada bulan-bulan pertama setelah melahirkan dapat memiliki konsekuensi psikologis dan fisik yang bertahan lama bagi ibu dan bayi. 

Penelitian baru dari Monash University telah menemukan bahwa program tidur tanpa obat, menggunakan Terapi Perilaku Kognitif (CBT), dapat secara signifikan mengurangi masalah tidur pada wanita di trimester akhir kehamilan mereka dan hingga 2 tahun setelah kelahiran bayi mereka.

Yang perlu digarisbawahi, penelitian ini menemukan bahwa pada wanita yang menderita gejala insomnia selama kehamilan, manfaat CBT dalam meningkatkan kualitas tidur mereka berlangsung selama dua tahun pertama setelah melahirkan.

Studi yang dipimpin oleh Dr. Bei Bei, dari Turner Institute for Brain and Mental Health di Monash University, dan diterbitkan di jurnal Psychological Medicine, menunjukkan bahwa CBT untuk tidur yang lebih baik harus menjadi bagian dari perawatan perinatal rutin.

Hingga 100.000, atau satu dari setiap tiga, wanita yang melahirkan di Australia tahun ini cenderung mengalami gangguan tidur yang signifikan dan gejala insomnia.

Menurut Dr. Bei, 60 persen wanita mengalami gangguan tidur selama bagian akhir kehamilan karena perubahan fisiologis seperti pertumbuhan janin, perubahan hormonal, dan sindrom kaki gelisah—dan bagi banyak wanita dengan insomnia selama kehamilan, masalah tidur dapat bertahan lebih dari dua tahun setelah kelahiran. “Gangguan tidur memiliki konsekuensi negatif pada ibu baru termasuk gangguan mood, kelelahan, fungsi siang hari yang lebih rendah, dan komplikasi kehamilan/kelahiran,” kata Bei dikutip MedicalXpress.

Para peneliti – juga dari Stanford University dan Royal Women’s Hospital – mempelajari 163 wanita yang belum pernah memiliki bayi pada semester terakhir mereka hingga dua tahun pascakelahiran, untuk menentukan apakah program intervensi tidur menggunakan Cognitive Behavioral Therapy (CBT) meningkatkan kesehatan tidur mereka selama ini. Setengah dari sukarelawan menerima CBT sementara wanita yang tersisa bertindak sebagai kontrol tanpa intervensi.

Menurut Dr. Bei, CBT secara konsisten terbukti berkhasiat dalam meningkatkan kualitas tidur dan mengurangi gejala insomnia, sebanding dengan pengobatan jangka pendek, tetapi jauh lebih baik daripada pengobatan jangka panjang. “Namun, CBT untuk tidur yang lebih baik sebagian besar tidak dapat diakses, dan bukan bagian dari perawatan perinatal saat ini,” ujarnya.

Studi percontohan yang diterbitkan ini menemukan bahwa menerima CBT di bagian akhir kehamilan dan bulan-bulan pertama memiliki bayi baru bisa mendatangkan sejumlah manfaat di antaranya mengurangi keparahan insonia, dan menurunkan gangguan tidur.

Kurang tidur terkait gangguan (misalnya, kelelahan, kantuk) – baik pada akhir kehamilan dan dua tahun setelah kelahiran. Para peserta yang mengalami insomnia signifikan pada awal penelitian mendapat manfaat yang besar dari program CBT, dibandingkan dengan kontrol.

Dr. Bei dan timnya baru-baru ini dianugerahi hibah Clinical Trials and Cohort Studies dari National Health and Medical Research Council untuk melakukan ujiocba yang lebih besar guna mengevaluasi efektivitas, efektivitas biaya, dan potensi implementasi program tidur CBT yang dapat diskalakan dengan potensi untuk mencapai integrasi berkelanjutan dalam perawatan perinatal rutin. (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s