Tidak Benar Vaksin Covid-19 Bisa Mengubah DNA, Ahli Punya Buktinya

Berandasehat.id – Selama ini ada dugaan apakah COVID-19 dapat memasuki DNA manusia. Namun peneliti University of Queensland membantah klaim bahwa COVID-19 dapat merasuk ke DNA.

Ahli membantah COVID atau vaksin bisa mempengaruhi DNA manusia (dok. pixabay)

Para peneliti dari UQ’s Queensland Brain Institute mengatakan klaim tersebut telah menyebabkan keresahan dan ketakutan sehingga orang enggan melakukan vaksinasi.

Profesor Geoff Faulkner mengatakan penelitian timnya yang diterbitkan dalam Cell Reports menunjukkan tidak ada bukti COVID-19—atau vaksin Pfizer atau AstraZeneca—memasuki DNA. “Bukti membantah konsep bahwa COVID atau vaksin dapat memasuki DNA,” bebernya.

Profesor Faulkner melakukan penelitian untuk menilai temuan yang sekarang tersebar luas, yang diterbitkan dalam Prosiding National Academy of Sciences, menunjukkan tes COVID-19 positif lama setelah pemulihan disebabkan oleh virus yang dimasukkan ke dalam DNA.

“Kami melihat klaim yang muncul bahwa sel dan mesin manusia mengubah RNA COVID-19 menjadi DNA, menyebabkan mutasi permanen,” kata Profesor Faulkner. “Kami menilai klaim dalam sel yang tumbuh di laboratorium, melakukan sekuensing DNA dan tidak menemukan bukti COVID-19 dalam DNA.”

“Dari sudut pandang kesehatan masyarakat, kami akan mengatakan bahwa tidak ada kekhawatiran bahwa virus atau vaksin dapat dimasukkan ke dalam DNA manusia,” tandas Profesor Faulkner.

Profesor Faulkner adalah ahli biologi komputasi dan molekuler dengan keahlian dalam genomik dan elemen transposabel—artinya timnya mempelajari perubahan DNA untuk menentukan bagaimana perubahan tersebut memengaruhi biologi manusia.

Ia juga berafiliasi dengan Mater Research Institute di UQ. Untuk publikasi di Cell Reports, Profesor Faulkner bekerja dengan ahli virologi, termasuk Associate Professor Daniel Watterson dari School of Chemistry and Molecular Biosciences UQ.

Associate Professor Watterson mengatakan penelitian tersebut mengkonfirmasi tidak ada aktivitas virus yang tidak biasa dan perilaku COVID-19 sejalan dengan apa yang diharapkan dari virus corona. (BS)