Konsumsi Madu Baik, Tapi Ada Batasnya

Berandasehat.id – Popularitas madu cenderung meningkat khususnya di masa pandemi COVID-19. Meskipun produsen mungkin menggembar-gemborkan madu sebagai alternatif yang sehat untuk gula biasa karena kandungan antioksidannya, para ahli memperingatkan agar tidak menambahkan gula tambahan ke dalam makanan.

“Gula tambahan dalam makanan jelas merupakan sesuatu yang harus dijaga agar tetap rendah, terlepas dari sumbernya,” kata Maya Vadiveloo, asisten profesor ilmu gizi dan kesehatan di College of Health Science di University of Rhode Island di Kingston. 

“Secara holistik, saya tidak akan mengatakan mengonsumsi gula tambahan dalam jumlah besar—apakah itu dari madu, gula, sirup maple, atau sirup jagung—adalah hal yang baik,” imbuhnya.

Madu dibuat ketika lebah mengumpulkan nektar dari tanaman berbunga, mengonsumsinya dan memuntahkan di sarangnya. Peternak lebah mengeluarkannya dari sarang lebah berlilin di sarangnya. 

Madu memang tinggi antioksidan, seperti asam fenolik dan flavonoid, yang dapat mendukung kesehatan yang lebih baik. Studi kecil pada manusia menunjukkan antioksidan pada madu dapat membantu meningkatkan kadar kolesterol, yang bisa mengurangi risiko penyakit jantung, meskipun penelitian jangka panjang yang lebih besar diperlukan untuk mengonfirmasi temuan tersebut.

Karena kualitas yang dimilikinya, madu sering disebut-sebut sebagai pilihan yang lebih baik daripada gula rafinasi, terutama bagi penderita diabetes. Namun, madu sendiri adalah bentuk lain dari gula, dan hanya boleh dikonsumsi dalam jumlah sedang, kata para ahli.

Studi menunjukkan gula tambahan bisa berupa kalori kosong yang meningkatkan risiko obesitas, penyakit jantung, tekanan darah tinggi, dan gigi berlubang. Sebuah komite penasihat yang bertanggung jawab untuk mengusulkan revisi Pedoman Diet Federal untuk orang Amerika, diperbarui setiap lima tahun, menyarankan dalam laporannya bahwa gula tambahan sebaiknya dikurangi menjadi hanya 6% dari kalori harian, turun dari 10% saat ini.

Satu sendok makan madu mengandung 64 kalori, tanpa serat, hampir tanpa vitamin, dan sangat sedikit protein. Meskipun tidak ideal untuk dikonsumsi sehari-hari, madu telah terbukti memberikan beberapa manfaat obat tertentu. 

Penelitian menunjukkan madu mungkin menjadi alternatif yang baik untuk mengobati batuk malam hari yang mengganggu anak-anak, meskipun tidak dianggap aman untuk anak di bawah satu tahun.

Madu juga dapat digunakan untuk menyembuhkan luka dan luka bakar. Ini mungkin lebih efektif daripada menggunakan perawatan tradisional seperti kain kasa dan linen, berkat kualitas antibakteri dan anti-peradangan.

Apabila hobi seseorang menambahkan satu sendok makan madu secara rutin setiap hari, cobalah kurangi konsumsi makanan manis setelah makan malam. (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s