Ilmuwan Ungkap Mekanisme Covid-19 dalam Merusak Paru, Ternyata Begini

Berandasehat.id – Perjalanan penyakit COVID-19 parah tidak disebabkan oleh penghancuran langsung paru karena penggandaan alias replikasi virus, melainkan proses peradangan dan endotel paru yang terlibat, demikian kesimpulan para peneliti dari Berlin dalam jurnal Nature Communications.

Para peneliti dari seluruh dunia telah menghabiskan 18 bulan terakhir mencoba memahami COVID-19, penyakit yang disebabkan oleh virus corona SARS-CoV-2. Mampu menyebabkan gagal paru akut, penyakit ini diketahui mendatangkan malapetaka pada paru dan organ lain serta sistem organ.

Sayangnya, pilihan pengobatan berbasis obat tetap terbatas. Salah satu kesulitannya adalah fakta bahwa COVID-19 disebabkan oleh respons imun yang salah dan terkadang berlebihan.

Untuk mengidentifikasi target terapeutik, peneliti perlu mendapatkan pemahaman terperinci tentang mekanisme yang mendasarinya, baik dalam hal cara kerjanya dan di mana dalam tubuh mereka terjadi.

Pendekatan yang berpusat pada pasien agak terbatas dalam cakupannya. Hal ini terutama berlaku untuk studi mekanisme penyakit selama fase awal infeksi. Biomaterial, yang diperlukan untuk jenis penelitian ini, biasanya dapat diambil hanya setelah pasien dirawat di rumah sakit.

Selain itu, hampir tidak mungkin untuk mendapatkan sampel jaringan paru dari pasien dengan penyakit ringan atau sedang dan pneumonia, karena prosedur pengambilan akan menempatkan pasien ini pada risiko yang terlalu besar. Pilihan yang tersisa kemudian, adalah analisis jaringan yang diambil dari pasien COVID-19 setelah kematian mereka.

Di bawah kepemimpinan Profesor Martin Witzenrath, Wakil Kepala Departemen Penyakit Menular dan Pengobatan Pernapasan Charité, para peneliti menggunakan sampel pasien yang tersedia untuk mendapatkan informasi berharga tentang mekanisme penyakit dan perkembangan penyakit.

Para peneliti mencari model yang cocok yang memungkinkan mereka juga mempelajari kompartemen paru yang tidak mudah diakses oleh pasien tetapi diperlukan untuk mempelajari fase awal penyakit.

Guna menyiasati hal ini, model hamster telah terbukti sangat berguna, baik sebagai bagian dari upaya penelitian internasional terhadap COVID-19 dan penelitian yang berkaitan dengan SARS-CoV-1. “Kami ingin tahu apakah dapat menggunakan model ini untuk mengembangkan pilihan pengobatan baru dan mencoba meniru temuan dari sampel pasien. Kami sangat berhasil dalam hal ini,” kata Witzenrath, penulis studi.

“Kami terutama tertarik pada sel-sel endotel paru, yang melapisi pembuluh darah paru dan membentuk penghalang di sana. Dalam kasus COVID-19 yang parah, penghalang ini menjadi tidak berfungsi, suatu perkembangan yang akhirnya mengakibatkan gagal paru,” urainya.

Karakteristik Rinci Infeksi SARS-CoV-2

Bekerja sama dengan peneliti dari MDC’s Berlin Institute for Medical Systems Biology (BIMSB), ahli virologi dan ahli bedah hewan dari Freie Universität Berlin, serta ahli data dari Institut Kesehatan Berlin (BIH), para peneliti mampu menggambarkan karakteristik rinci dari Infeksi SARS-CoV-2 pada model hewan.

Mereka kemudian menguatkan temuan dengan menggunakan set data yang berkaitan dengan sampel pasien. Tujuan dari analisis ini adalah untuk membuat model hewan non-transgenik yang paling penting saat ini agar studi COVID-19 tersedia, bertujuan untuk mengembangkan perawatan di masa depan.

Hamster terinfeksi varian virus yang sama dengan manusia. Mereka juga mengembangkan gejala penyakit serupa, dan penyakit parah akan mengakibatkan kerusakan pada paru. Namun, gejala dan perkembangan COVID-19 bervariasi di antara spesies hamster yang berbeda. Sementara gejala biasanya ringan pada hamster Suriah, hamster Roborovski akan mengembangkan penyakit parah.

Alasan untuk ini dan proses yang terjadi di sel paru ditunjukkan sebagai bagian dari eksperimen yang dilakukan di BIMSB. Dalam hal ini termasuk analisis sel tunggal di mana sel-sel individu yang diperoleh dari sampel tertentu dimuat ke dalam sebuah chip. Dari sini sel pertama kali diberi kode batang dan kemudian dienkapsulasi menjadi tetesan kecil cairan berair.

Setelah disiapkan, sel tunggal dapat menjalani pengurutan RNA, suatu proses yang digunakan untuk menetapkan urutan blok bangunan genetik yang baru saja dibaca oleh sel.

Berkat barcode, RNA ini kemudian dapat diidentifikasi sebagai berasal dari sel tertentu, sehingga memungkinkan para peneliti untuk menentukan fungsi seluler pada tingkat sel tunggal dengan tingkat akurasi yang tinggi.

“Kami dapat mengamati bagaimana sel-sel tertentu yang terlibat dalam kekebalan paru –  yaitu monosit dan makrofag turunan monosit – menelan virus dan kemudian menunjukkan respons yang sangat jelas. Mereka mengirimkan pembawa pesan biologis yang kemudian menimbulkan respons peradangan sangat kuat,” jelas rekan penulis studi tersebut, Dr. Geraldine Nouailles, seorang peneliti di Charité’s Department of Infectious Diseases and Respiratory Medicine.

“Respons sel T yang cepat dan efisien sangat penting untuk keberhasilan pemulihan dari COVID-19,” tandas Nouailles dilaporkan MedicalXpress. (BS)