Kiat Kontrol Gula Darah Secara Alami Biar Diabetes Tidak Makin Parah

Berandasehat.id – Penyandang diabetes mungkin merasa lebih sulit untuk mengelola gula darah (glukosa) di sekitar waktu makan. Ketika selesai makan atau ngemil, gula darah cenderung akan naik dan mungkin tetap berada di level lebih tinggi, bahkan beberapa jam setelah makan. 

Ilustrasi sarapan sehat

Saat gula darah tinggi, kemungkinan rasa pusing akan menyerang disertai sulit berpikir atau fokus, atau merasa sangat lelah dan haus. Banyak juga yang mengeluhkan sakit kepala.

Gula darah yang sangat tinggi bahkan bisa membuat penyandang diaberes pingsan. Gula darah yang tetap tinggi untuk waktu yang lama juga dapat menempatkan seseorang pada risiko masalah jangka panjang seperti penyakit jantung atau ginjal, dan kerusakan saraf.

Pengobatan dan diet yang tepat dapat membantu memastikan gula darah tetap terkendali. Namun hal itu bukan satu-satunya hal yang dapat dilakukan.

Ada sejumlah cara alami untuk mengontrol kadar gula darah secara alami dirangkum dari laman WebMD:

1. Biasakan sarapan

Melewatkan sarapan cenderung akan menaikkan kadar gula darah setelah makan siang dan makan malam. Tapi jangan hanya meraih muffin untuk sarapan. Satu studi menemukan bahwa orang yang makan sarapan 500 kalori dengan setidaknya 35% protein memiliki gula darah setelah makan yang lebih rendah sepanjang hari dibandingkan mereka yang makan sarapan rendah protein dan tinggi karbohidrat.

Itu karena protein membantu memperlambat pencernaan, sehingga gula darah naik lebih lambat setelah makan. Makan lebih sedikit karbohidrat berarti tubuh akan membuat lebih sedikit gula darah.

2. Bijak makan malam

Gula darah biasanya paling sulit dikendalikan di malam hari. Itulah sebabnya banyak ahli mengatakan sebaiknya memilih makan malam atau camilan setelah makan malam yang rendah karbohidrat, terutama karbo olahan. Lemak dan protein tidak menyebabkan gula darah naik seperti halnya karbohidrat. Jika tidak yakin bagaimana menyeimbangkan makanan, penyandang diabetes disarankan minta rujukan dari dokter ke ahli diet yang berspesialisasi dalam diabetes.

Rencanakan saat makan. Bagi penyandang diabetes atau pradiabetes, makan dan camilan yang terlalu berdekatan mungkin tidak memberikan waktu bagi kadar gula darah untuk turun secara alami setelah makan. Pastikan waktu makan berjarak 4 hingga 5 jam. Jika membutuhkan camilan, lakukan 2 hingga 3 jam setelah makan terakhir.

3. Jalan-jalan setelah makan 

Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki 15 menit setelah makan malam dapat membantu menurunkan gula darah dan dapat membantu menahannya hingga 3 jam. Saat berolahraga, tubuh memompa lebih banyak gula ke otot.

4. Cukup istirahat

Kurang tidur, bahkan untuk satu malam, membuat tubuh menggunakan insulin kurang efisien. Itu bisa membuat gula darah naik lebih tinggi dari yang seharusnya.

5. Temui dokter gigi secara teratur

Bila memiliki penyakit gusi (juga dikenal sebagai gingivitis), kadar gula darah mungkin lebih tinggi daripada jika gusi sehat. Gusi yang meradang atau terinfeksi dapat menyebabkan sistem pertahanan tubuh bekerja berlebihan. Itu membuat tubuh lebih sulit untuk menjaga insulin dan gula darah tetap terkendali.

6. Cukup minum air

Saat mengalami dehidrasi, glukosa mungkin lebih tinggi dari biasanya.

7. Kelola stres

Ketika benar-benar di bawah tekanan, tubuh melepaskan hormon seperti kortisol dan adrenalin (juga dikenal sebagai hormon “lawan atau lari”). Itu bisa membuat tubuh kurang sensitif terhadap insulin dan menyebabkan perubahan lain yang membuat gula darah naik. Meskipun tidak semua stres dapat dihindari, namun menemukan cara untuk bersantai baik untuk gula darah dan kesehatan secara keseluruhan. Silakan coba ya. (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s