Ilmuwan Ungkap Trik Virus Hepatitis C Hindari Sistem Kekebalan

Berandasehat.id – Virus hepatitis C (HCV) diketahui dapat menyebabkan infeksi kronis pada hati, yang dapat memicu kerusakan hati yang tidak dapat diperbaiki dan bisa berujung pada kanker hati. Namun mekanisme HCV berhasil menghindari sistem kekebalan untuk menginfeksi inang secara kronis tidak sepenuhnya dipahami.  Namun hal itu tidak lagi.

Dalam sebuah studi baru, para peneliti dari Universitas Osaka menemukan mekanisme molekuler baru dimana HCV mengganggu sistem kekebalan tubuh sehingga menyebabkan infeksi hati kronis. Temuan ini dapat membantu membangun terapi baru melawan infeksi HCV kronis.

Sejauh yang diketahui, infeksi HCV menjadi kronis pada sekitar 80% pasien. Ada terapi antivirus yang dapat memperbaiki kondisi pasien, tetapi penyakit hati, dan akibatnya – pembentukan kanker hati – tidak cukup diredakan dengan pendekatan terapeutik ini. Oleh karena itu, penting untuk memahami bagaimana HCV berhasil menghindari sistem kekebalan inang secara kronis. Tujuannya tak lain membantu para peneliti mengembangkan terapi baru dan lebih baik melawan penyakit tersebut.

Pada tingkat molekuler, HCV menghasilkan satu protein dalam sel yang terinfeksi – yang kemudian dipecah menjadi sepuluh protein individu. Salah satu protein ini adalah protein inti HCV, yang untuk fungsi stabilnya membutuhkan aksi salah satu protein sel inang, peptidase sinyal (SPP). Para peneliti tahu bahwa memblokir SPP mengakibatkan protein inti HCV dipecah, dan dengan demikian menekan produksi partikel HCV yang menular. Namun, cara protein inti mempengaruhi sistem kekebalan tubuh inang masih belum jelas  sampai sekarang.

“Immunoevasins, yaitu protein yang membantu virus menghindari sistem kekebalan tubuh, ada di sejumlah virus, seperti virus Epstein-Barr, ebolavirus, cytomegalovirus, dan virus hepatitis C,” kata penulis pertama studi Junki Hirano. “Ketika sel terinfeksi virus, mereka mendegradasi protein virus dan memuat fragmen ke dalam apa yang disebut protein kelas I MHC, sehingga sel kekebalan tertentu dapat merasakan infeksi virus yang sedang berlangsung dari luar sel yang terinfeksi dan menghilangkannya.”

“Dalam penelitian ini, kami ingin memahami hubungan antara signal peptide peptidase dan protein MHC kelas I dalam pengaturan infeksi hepatitis C,” ujar Hirano.

Untuk mencapai tujuan mereka, para peneliti pertama-tama menggunakan garis sel hati manusia untuk memahami bagaimana protein inti HCV, protein SPP dan MHC kelas I berinteraksi. Mereka menemukan bahwa SPP diperlukan untuk produksi molekul MHC kelas I guna mengaktifkan respons imun yang tepat dalam sel hati. Namun, dengan adanya protein inti HCV, SPP tidak dapat berinteraksi dengan baik dengan protein MHC kelas I, yang kemudian terdegradasi melalui aksi protein lain, HMG-CoA reductase degradation 1 homolog (HRD1). Akibatnya, presentasi seluler partikel virus ke sel kekebalan terganggu dan infeksi terus menjadi kronis.

Para peneliti kemudian mengajukan hipotesis apakah ini mungkin mekanisme umum untuk menghindari sistem kekebalan tubuh pada infeksi virus lain. Mereka beralih ke human cytomegalovirus (HCMV), virus yang diketahui juga merusak hati selain organ lain, seperti mata dan kerongkongan. Mereka menemukan bahwa protein yang diproduksi oleh HCMV, yaitu protein US2, secara struktural mirip dengan protein inti HCV dan juga menginduksi degradasi protein MHC kelas I dengan menargetkan SPP.

“Studi ini menunjukkan hasil mengejutkan yang menunjukkan bagaimana HCV dan HCMV dapat menyebabkan infeksi kronis dengan menargetkan peptidase peptida sinyal untuk mencapai penghindaran kekebalan,” kata penulis utama studi Profesor Toru Okamoto. “Studi kami mengungkapkan mekanisme molekuler baru di mana virus ini menargetkan komponen penting dari sistem kekebalan manusia, molekul MHC kelas I, untuk mengganggu respons kekebalan yang tepat.”

“Penemuan ini dapat membantu pengembangan terapi baru melawan infeksi persisten yang disebabkan oleh virus,” pungkasnya. (BS)