Berandasehat.id – Penelitian baru yang diterbitkan pekan lalu menantang kepercayaan populer bahwa pola diet puasa intermiten adalah cara paling efektif untuk menurunkan berat badan. 

Intervallfasten, 16:8, Diät

Selama beberapa tahun terakhir, diet yang membuat orang berpuasa beberapa hari setiap minggu telah meningkat popularitasnya, diperkuat oleh gambar perubahan berat badan yang menjanjikan dan didukung oleh figur publik. Namun, bukti hingga saat ini tentang efektivitas puasa beberapa hari dalam seminggu dibandingkan dengan diet tradisional yang bertujuan untuk mengurangi asupan kalori selama seminggu penuh masih terbatas.

Diterbitkan dalam jurnal bergengsi Science Translational Medicine, studi baru dari tim ahli fisiologi di University of Bath membangun bukti dan menunjukkan bahwa ‘tidak ada yang istimewa’ tentang puasa intermiten untuk menurunkan berat badan. Peserta dalam ujicoba kontrol acak kehilangan lebih sedikit berat badan saat berpuasa dibandingkan dengan mereka yang mengikuti diet tradisional—bahkan ketika asupan kalori secara keseluruhan sama.

Ujicoba yang diselenggarakan oleh tim dari Pusat Nutrisi, Latihan & Metabolisme Universitas (CNEM) mengamati peserta dialokasikan ke dalam salah satu dari tiga kelompok: Kelompok 1 berpuasa selang seling diikuti dengan makan 50% lebih banyak dari biasanya. Kelompok 2 yang mengurangi kalori di semua makanan setiap hari sebesar 25%. Kelompok 3 yang berpuasa pada hari yang berganti-ganti (dengan cara yang sama seperti Kelompok 1) tetapi mengikuti hari puasa mereka dengan satu hari makan 100% lebih banyak dari biasanya.

Peserta di ketiga kelompok mengonsumsi makanan khas sekitar 2000-2500 kkal per hari rata-rata pada awal penelitian. Selama periode pemantauan tiga minggu, kedua kelompok yang dibatasi energinya mengurangi asupan kalori menjadi rata-rata antara 1500-2000 kkal. Sedangkan kelompok 1 dan 2 mengurangi asupan kalori mereka dengan jumlah yang sama dengan cara yang berbeda, diet kelompok 3 terlihat cepat tanpa mengurangi kalori secara keseluruhan.

Hasil menemukan bahwa kelompok diet non-puasa (kelompok 2) kehilangan 1,9 kg hanya dalam tiga minggu, dan pemindaian tubuh DEXA mengungkapkan penurunan berat badan ini hampir seluruhnya karena pengurangan kandungan lemak tubuh. Sebaliknya, kelompok puasa pertama (kelompok 1) yang mengalami pengurangan asupan kalori yang sama dengan berpuasa pada hari-hari alternatif dan makan 50% lebih banyak pada hari-hari non-puasa, kehilangan berat badan hampir sebanyak (1,6 kg) tetapi hanya setengah dari penurunan berat badan ini. berasal dari pengurangan lemak tubuh dengan sisanya dari massa otot.

Kelompok 3, yang berpuasa tetapi meningkatkan asupan energinya sebesar 100% pada hari-hari non-puasa, tidak perlu menggunakan simpanan lemak tubuh mereka untuk energi dan oleh karena itu penurunan berat badan dapat diabaikan.

Profesor James Betts, Direktur Pusat Nutrisi, Latihan & Metabolisme di University of Bath yang memimpin penelitian menjelaskan banyak orang percaya bahwa diet berdasarkan puasa sangat efektif untuk menurunkan berat badan atau bahwa diet ini memiliki manfaat kesehatan metabolisme tertentu. jika tujuannya tidak menurunkan berat badan. “Tetapi puasa intermiten bukanlah peluru ajaib dan temuan percobaan kami menunjukkan bahwa tidak ada yang istimewa tentang puasa (untuk menurunkan berat badan) jika dibandingkan dengan diet standar yang lebih tradisional yang mungkin diikuti orang,” ujarnya.

“Yang paling penting, jika Anda mengikuti diet puasa, ada baiknya memikirkan apakah periode puasa yang berkepanjangan benar-benar menyulitkan dalam mempertahankan massa otot dan tingkat aktivitas fisik, yang dikenal sebagai faktor yang sangat penting untuk kesehatan jangka panjang,” imbuhnya.

Hasil ini difokuskan pada peserta yang didefinisikan sebagai ‘ramping’ (yaitu indeks massa tubuh 20-25 kg/m2). Sebanyak 36 orang berpartisipasi dalam penelitian yang dilakukan antara 2018—2020 dan didanai oleh University of Bath.(BS)