Berandasehat.id – Riset telah membuktikan bahwa COVID-19 bukan hanya menyerang pernapasan, melainkan lebih luas dari itu, yaitu pembuluh darah, sehingga bisa berdampak pada semua organ, termasuk otak. Studi molekuler paling komprehensif hingga saat ini terkait jaringan otak dari orang yang meninggal karena COVID-19 memberikan bukti yang jelas bahwa SARS-CoV-2 menyebabkan perubahan molekuler yang mendalam di otak, meskipun tidak ada jejak molekuler virus di jaringan otak.

“Tanda tangan yang ditinggalkan virus di otak berbicara tentang peradangan yang kuat dan sirkuit otak yang terganggu dan menyerupai tanda tangan yang telah diamati di lapangan pada penyakit Alzheimer atau penyakit neurodegeneratif lainnya,” penulis senior Tony Wyss-Coray, PhD, profesor neurologi dan ilmu saraf, Universitas Stanford School of Medicine, Stanford, California, mengatakan kepada Medscape Medical News.

“Kita tahu bahwa hingga sepertiga orang yang terinfeksi SARS-CoV-2 menunjukkan gejala otak termasuk kabut otak (brain fog), masalah memori, dan kelelahan, dan semakin banyak orang memiliki gejala seperti itu lama bahkan setelah mereka tampaknya pulih dari infeksi virus,” kata Wyss-Coray.

“Namun, kami memiliki pemahaman yang sangat sedikit tentang bagaimana virus menyebabkan gejala-gejala ini dan apa pengaruhnya pada otak pada tingkat molekuler,” tambahnya.

Dengan menggunakan pengurutan RNA sel tunggal, para peneliti mempelajari sampel jaringan otak dari delapan pasien yang meninggal karena COVID-19 dan 14 kontrol yang meninggal karena penyebab lain.

Hasilnye mengejutkan: Meskipun tidak ada bukti molekuler SARS-CoV-2 dalam sampel jaringan otak dari pasien yang meninggal karena COVID-19, namun peneliti menemukan bahwa apapun jenis sel yang mereka pelajari (berbagai jenis sel saraf, atau sel pendukung yang berbeda di otak) ada perubahan mencolok dibandingkan dengan sampel jaringan otak dari kontrol yang meninggal karena penyebab lain.

Peneliti mengatakan, perubahan pada otak COVID-19 menunjukkan tanda-tanda peradangan, komunikasi sel saraf abnormal, dan neurodegenerasi kronis. “Di seluruh jenis sel, gangguan COVID-19 tumpang tindih dengan gangguan otak kronis dan berada dalam varian genetik yang terkait dengan kognisi, skizofrenia, dan depresi,” lapor para peneliti.

“Infeksi virus tampaknya memicu respons peradangan di seluruh tubuh yang dapat menyebabkan sinyal inflamasi melintasi sawar darah-otak, yang pada gilirannya dapat ‘mematikan’ peradangan saraf di otak,” kata Wyss-Coray.

Temuan ini dapat membantu menjelaskan kabut otak, kelelahan, dan gejala neurologis dan psikiatri lainnya dari COVID yang lama.

“Meskipun kami hanya mempelajari otak dari orang yang meninggal karena COVID-19, kami percaya kemungkinan serupa, tetapi mudah-mudahan lebih lemah, tanda-tanda peradangan dan neurodegenerasi kronis akan ditemukan pada orang yang selamat dari COVID-19, terutama mereka yang memiliki gejala otak kronis,” kata Wyss-Coray.

Studi ini dipublikasikan secara online 21 Juni di jurnal Nature. (BS)