Ingin Usir Kolesterol Jahat? Makanlah Segenggam Kenari

Berandasehat.id – Ada cara mudah dan mudah menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL): Makan sekitar setengah cangkir kenari setiap hari selama dua tahun.

Konsumsi kacang kenari juga dapat mengurangi jumlah total partikel LDL dan partikel LDL kecil pada orang tua dan dewasa yang sehat, menurut untuk penelitian baru yang diterbitkan di jurnal unggulan American Heart Association Circulation.

Kenari adalah sumber pangan yang kaya asam lemak omega-3 (asam alfa-linolenat), yang telah terbukti memiliki efek menguntungkan pada kesehatan jantung.

“Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa kacang-kacangan pada umumnya, dan kenari pada khususnya, dikaitkan dengan tingkat penyakit jantung dan stroke yang lebih rendah,” kata rekan penulis studi Emilio Ros, MD, Ph.D., direktur Lipid Clinic di Endocrinology and Nutrition Service of the Hospital Clínic of Barcelona di Spanyol.

Dia menambahkan, salah satu alasannya adalah mereka menurunkan kadar kolesterol LDL, dan sekarang peneliti memiliki alasan lain: mereka meningkatkan kualitas partikel LDL.

Partikel LDL datang dalam berbagai ukuran. Penelitian telah menunjukkan bahwa partikel LDL kecil dan padat lebih sering dikaitkan dengan aterosklerosis, plak atau timbunan lemak yang menumpuk di arteri. 

“Studi kami melampaui kadar kolesterol LDL untuk mendapatkan gambaran lengkap tentang semua itu. Lipoprotein dan dampak makan kenari setiap hari pada potensinya untuk meningkatkan risiko kardiovaskular,” imbuh Ros.

Dalam sub-studi studi ‘Kenari dan Penuaan Sehat’ dilakukan ujicoba terkontrol acak besar selama dua tahun yang memeriksa apakah kenari berkontribusi terhadap penuaan yang sehat. Para peneliti mengevaluasi apakah konsumsi kenari secara teratur, terlepas dari diet seseorang atau di mana mereka tinggal, memiliki efek menguntungkan. pada lipoprotein.

Penelitian ini dilakukan dari Mei 2012 hingga Mei 2016 dan melibatkan 708 peserta berusia antara 63 dan 79 (68% wanita) yang sehat, orang dewasa yang hidup mandiri yang tinggal di Barcelona, ​​Spanyol, dan Loma Linda, California.

Peserta secara acak dibagi menjadi dua kelompok: intervensi aktif dan kontrol. Mereka yang dialokasikan ke kelompok intervensi menambahkan sekitar setengah cangkir kenari ke dalam makanan sehari-hari, sementara peserta dalam kelompok kontrol tidak makan kenari. 

Setelah dua tahun, kadar kolesterol peserta diuji, dan konsentrasi serta ukuran lipoprotein dianalisis dengan spektroskopi resonansi magnetik nuklir. Tes lanjutan ini memungkinkan dokter untuk lebih akurat mengidentifikasi fitur lipoprotein yang diketahui terkait dengan risiko penyakit kardiovaskular.

Temuan Penting Studi

Studi dua tahun memiliki tingkat retensi 90% (632 peserta menyelesaikan studi). Analisis lipoprotein lengkap tersedia pada 628 peserta.

Di antara temuan utama dari semua peserta studi:

Pada 2 tahun, peserta dalam kelompok kenari memiliki kadar kolesterol LDL yang lebih rendah—rata-rata 4,3 mg/dL, dan kolesterol total turun rata-rata 8,5 mg/dL.

Konsumsi harian kenari mengurangi jumlah partikel LDL total sebesar 4,3% dan partikel LDL kecil sebesar 6,1%. Perubahan konsentrasi dan komposisi partikel LDL ini dikaitkan dengan risiko penyakit kardiovaskular yang lebih rendah.

Kolesterol Intermediate Density Lipoprotein (IDL) juga menurun. Diketahui bahwa kolesterol IDL adalah prekursor LDL dan mengacu pada kepadatan antara lipoprotein densitas rendah dan lipoprotein densitas sangat rendah. Dalam dekade terakhir, kolesterol IDL telah muncul sebagai faktor risiko kardiovaskular lipid yang relevan terlepas dari kolesterol LDL.

Perubahan kolesterol LDL di antara kelompok kenari berbeda berdasarkan jenis kelamin; pada pria, kolesterol LDL turun sebesar 7,9% dan pada wanita sebesar 2,6%.

“Meskipun ini bukan penurunan kolesterol LDL yang luar biasa, penting untuk dicatat bahwa pada awal penelitian semua peserta kami cukup sehat, bebas dari penyakit tidak menular. Namun, seperti yang diharapkan pada populasi lanjut usia, hampir 50 persen peserta dirawat karena tekanan darah tinggi dan hiperkolesterolemia,” kata peneliti. 

“Sebagian berkat pengobatan statin pada 32% peserta, kadar kolesterol rata-rata semua orang dalam penelitian kami adalah normal,” kata Ros. “Untuk individu dengan kadar kolesterol darah tinggi, pengurangan kolesterol LDL setelah diet yang diperkaya kacang mungkin jauh lebih besar.”

Cukup Segenggam Kenari

Ros menambahkan, makan segenggam kenari setiap hari adalah cara sederhana untuk meningkatkan kesehatan jantung. Sejauh ini banyak orang khawatir tentang kenaikan berat badan yang tidak diinginkan ketika mereka memasukkan kacang ke dalam makanan mereka.

“Studi kami menemukan bahwa lemak sehat dalam kenari tidak menyebabkan peserta menambah berat badan,” bebernya.

Keterbatasan utama dari penyelidikan ini adalah bahwa baik peserta maupun peneliti tahu siapa yang makan dan tidak makan kenari. Namun, penelitian ini melibatkan dua populasi yang sangat berbeda dengan pola makan yang berlainan.

“Hasilnya serupa pada kedua kelompok, sehingga kami dapat dengan aman menerapkan hasil penelitian ini ke populasi lain,” kata Ros. 

Penelitian lebih lanjut juga diperlukan untuk memperjelas perbedaan hasil LDL pada pria dan wanita.

Menurut American Heart Association, kenari sangat tinggi asam lemak omega-3, lemak sehat yang baik bagi jantung seperti yang ditemukan pada ikan berminyak. Ukuran porsi adalah segenggam kecil atau 1,5 ons kacang utuh atau 2 sendok makan mentega kacang. (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s