Turunkan Kolesterol, Jangan Terbiasa Malas Gerak

Berandasehat.id – Ukuran gaya hidup lain yang penting untuk kesehatan jantung adalah olahraga. Menurut American Heart Association (AHA) dan Cleveland Clinic, aktivitas fisik dapat meningkatkan kolesterol HDL, yang membantu menghilangkan kolesterol jahat dari arteri dan menurunkan trigliserida. 

Ilustrasi gaya hidup sedentari

Sementara hubungan yang tepat antara olahraga dan lipid darah tidak sepenuhnya dipahami, menurut sebuah penelitian yang diterbitkan pada Juli 2017 dalam jurnal Lipids in Health and Disease, olahraga dapat meningkatkan konsumsi trigliserida oleh jaringan otot dan meningkatkan lipoprotein lipase, sejenis enzim yang menghasilkan pemecahan trigliserida.

AHA merekomendasikan untuk melakukan setidaknya 150 menit seminggu latihan aerobik intensitas sedang, 75 menit aktivitas aerobik yang kuat, atau kombinasi keduanya, ditambah latihan otot intensitas sedang hingga tinggi, seperti berolahraga dengan beban, setidaknya 2 kali seminggu. hari dalam seminggu.

Menurut Cate Collings, MD, presiden American College of Lifestyle Medicine dan direktur kedokteran gaya hidup di Silicon Valley Medical Development di Mountain View, California, itu formula dasar yang baik untuk pencegahan penyakit kardiovaskular.

“Meningkatkan latihan intensitas tinggi dan mendorong konsumsi oksigen maksimum selama latihan (disebut VO₂ max) penting dalam pengobatan penyakit jantung,” ujar Collings. 

Sebuah artikel yang diterbitkan pada Agustus 2019 di jurnal Circulation mencatat bahwa semakin banyak bukti yang menunjukkan bahwa pelatihan interval intensitas tinggi (HIIT) dapat menawarkan manfaat yang lebih besar daripada latihan intensitas sedang pada pasien yang terdaftar dalam program rehabilitasi jantung.

Intinya adalah bahwa semua olahraga itu baik, dan olahraga berintensitas tinggi — di bawah bimbingan seorang profesional medis — mungkin bahkan lebih baik. Untuk mendapatkan manfaat yang paling menyehatkan jantung dari rutinitas olahraga, ingatlah poin-poin penting dalam uraian berikut:

1. Hindari hidup gaya sedentari

Hindari gaya hidup mager alias malas gerak. Menurut AHA, duduk terlalu lama dan terlalu banyak duduk dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung, diabetes tipe 2, beberapa jenis kanker, dan kematian dini.

2. Ketahui waktu terbaik untuk berolahraga

Collings mencatat bahwa olahraga bisa lebih efektif dalam menurunkan kadar trigliserida jika bergerak setelah makan. “Olahraga memiliki efek yang sangat sederhana dalam mengurangi kolesterol total dan LDL, tetapi memiliki efek yang lebih kuat dalam mengurangi apa yang kita sebut kadar trigliserida postprandial (setelah makan),” kata Collings. 

3. Cobalah jalan cepat setelah makan

Dikombinasikan dengan pengurangan kalori dan lemak tidak sehat, ini bisa menjadi cara yang efektif untuk mengatasi trigliserida tinggi dan mengurangi risiko penyakit jantung, demikian laporan Everyday Health. (BS)

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s