Berandasehat.id – Makan lebih banyak daging merah, daging merah olahan, dan lemak hewani bukan susu dapat meningkatkan risiko stroke, sementara mengonsumsi lebih banyak lemak nabati atau lemak tak jenuh ganda menurunkannya, menurut penelitian awal yang akan dipresentasikan di Sesi Ilmiah Asosiasi Jantung Amerika 2021.

Studi ini adalah yang pertama menganalisis secara komprehensif dampak risiko stroke dari lemak yang berasal dari nabati, susu, dan sumber hewani non-susu.

“Temuan kami menunjukkan jenis lemak dan sumber lemak makanan yang berbeda lebih penting daripada jumlah total lemak makanan dalam pencegahan penyakit kardiovaskular termasuk stroke,” kata Fenglei Wang, Ph.D., penulis utama studi dan seorang rekan postdoctoral di departemen nutrisi di Harvard TH Sekolah Kesehatan Masyarakat Chan di Boston.

Para peneliti menganalisis 27 tahun masa tindak lanjut dari 117.136 peserta dalam Nurses’ Health Study (1984-2016) dan Health Professionals Follow-up Study (1986-2016), dua studi terbesar untuk meneliti faktor risiko berbagai penyakit kronis. 

Ilustrasi daging merah (dok.istimewa)

Peserta rata-rata berusia 50 tahun, 63% adalah perempuan, 97% berkulit putih, dan semuanya bebas dari penyakit jantung dan kanker pada saat pendaftaran. Pada awal dan setiap 4 tahun selama penelitian, peserta mengisi kuesioner frekuensi makanan yang digunakan untuk menghitung jumlah, sumber dan jenis lemak dalam makanan mereka selama tahun sebelumnya. 

Para peneliti menghitung rata-rata kumulatif dari data makanan dari waktu ke waktu untuk mencerminkan asupan makanan jangka panjang. Jumlah asupan lemak dibagi menjadi 5 kelompok, atau kuintil.

Dalam penelitian tersebut, total daging merah termasuk daging sapi, babi atau domba sebagai hidangan utama, dalam sandwich atau hidangan campuran, dan daging merah olahan. Daging merah olahan antara lain bacon, sosis, bologna, hot dog, salami, dan daging olahan lainnya.

Studi menemukan sejumlah poin penting:

Selama penelitian, 6.189 peserta mengalami stroke, termasuk 2.967 stroke iskemik (disebabkan oleh gumpalan yang memotong aliran darah ke bagian otak) dan 814 stroke hemoragik (disebabkan oleh pendarahan pembuluh darah di otak).

Peserta dengan kuintil tertinggi asupan lemak hewani bukan susu 16% lebih mungkin mengalami stroke dibandingkan mereka yang makan paling sedikit (kuintil terendah).

Lemak susu dalam produk, seperti keju, mentega, susu, es krim dan krim tidak dikaitkan dengan risiko stroke yang lebih tinggi.

Peserta yang makan paling banyak lemak nabati dan lemak tak jenuh ganda paling banyak 12% lebih kecil kemungkinannya untuk mengalami stroke dibandingkan dengan mereka yang makan paling sedikit.

Mereka yang mengonsumsi satu porsi lebih dari total daging merah setiap hari memiliki risiko stroke 8% lebih tinggi, dan mereka yang mengonsumsi satu porsi lagi daging merah olahan memiliki risiko stroke 12% lebih tinggi.

“Berdasarkan temuan ini, kami merekomendasikan kepada masyarakat umum untuk mengurangi konsumsi daging merah dan olahan, meminimalkan bagian berlemak dari daging mentah jika dikonsumsi, dan mengganti lard atau tallow (lemak sapi) dengan minyak nabati non-tropis seperti minyak zaitun, minyak jagung atau kedelai dalam memasak untuk menurunkan risiko stroke,” kata Wang.

Wang mengatakan bahwa melihat subtipe asupan lemak, seperti memisahkan lemak jenuh yang dikonsumsi dari sayuran, susu atau sumber hewani bukan susu, akan berguna dalam memahami lebih lanjut hubungan antara asupan lemak dan risiko stroke.

“Banyak daging olahan yang tinggi garam dan lemak jenuh, serta rendah lemak nabati. Penelitian menunjukkan bahwa mengganti daging olahan dengan sumber protein lain, terutama sumber nabati, dikaitkan dengan tingkat kematian yang lebih rendah,” kata Alice H. Lichtenstein, D.Sc. ., FAHA, profesor ilmu dan kebijakan nutrisi Stanley N. Gershoff di Tufts University di Boston, dan penulis utama pernyataan ilmiah American Heart Association tahun 2021, Dietary Guidance to Improve Cardiovascular Health.

Ciri-ciri utama pola diet jantung sehat adalah menyeimbangkan asupan kalori dengan kebutuhan kalori untuk mencapai dan mempertahankan berat badan yang sehat, memilih biji-bijian, protein tanpa lemak dan nabati serta berbagai buah dan sayuran; batasi garam, gula, hewani lemak, makanan olahan, dan alkohol; dan terapkan panduan ini di mana pun makanan disiapkan atau dikonsumsi.

Keterbatasan penelitian ini adalah studi bersifat observasional, sehingga hasilnya tidak dapat menetapkan hubungan sebab-akibat antara konsumsi lemak dan risiko stroke. Juga, asupan makanan dilaporkan sendiri oleh para peserta, yang dapat mengakibatkan ketidakakuratan karena ingatan ingatan. 

Namun, mengulangi penilaian diet setiap empat tahun membantu mengurangi potensi kesalahan ini dan meningkatkan akurasi perhitungan diet. Selain itu, penelitian ini terutama melibatkan profesional kesehatan keturunan Eropa, oleh karena itu, temuan ini mungkin tidak dapat digeneralisasikan untuk orang-orang dari kelompok ras dan etnis yang beragam. (BS)