Berandasehat.id – Apakah kamu suka minum secangkir kopi sebelum bekerja atau bergantung pada kopi hitam untuk memulai pagi? Tidak dapat disangkal bahwa kopi adalah penambah energi yang hebat dan disukai banyak orang.

Dengan kandungan kalori rendah, kopi menjadi minuman yang diklaim dapat membantu turun berat badan, dan terbukti dalam penelitian. Riset selama bertahun-tahun juga menunjukkan bahwa minum secangkir kopi secara teratur meningkatkan manajemen berat badan yang sehat dalam jangka panjang.

Bila mencari penambah energi yang sangat baik untuk memicu latihan/olahraga, kopi adalah minuman yang kamu butuhkan. Lebih disukai oleh pengamat berat badan, minum kopi hitam minimal 30 menit sebelum pergi berolahraga membantu menghilangkan lemak lebih cepat dan memberi banyak energi untuk berkeringat lebih banyak.

Ilustrasi kopi (dok. istimewa)

Telah terbukti secara ilmiah bahwa konsumsi kafein di siang hari menurunkan asupan energi dan meningkatkan pengosongan lambung. Sederhananya, minum secangkir kopi sebelum makan dapat membuat kita  kenyang dan mengonsumsi lebih sedikit makanan.

Kehilangan lemak dan penurunan berat badan juga bisa sangat bergantung pada seberapa cepat atau lambat metabolisme pada tubuh. Meskipun ada beberapa cara alami untuk meningkatkan metabolisme, kopi adalah salah satunya. Studi terbaru yang diterbitkan dalam jurnal Food Science and Nutrition telah menetapkan bahwa kafein, secara umum, bekerja untuk menyeimbangkan BMI (indeks massa tubuh) dan mempercepat metabolisme secara efisien. Selain itu, kopi banyak mengandung antioksidan yang memiliki beragam manfaat kesehatan.

Antioksidan membantu menghancurkan radikal bebas (yang bertanggung jawab untuk akumulasi lemak), regenerasi sel-sel baru serta fungsi vital yang optimal. Polifenol, khususnya – yang ada dalam kafein – menurut para ahl terbukti membantu dalam penurunan berat badan.

Untuk menurunkan berat badan, ingatlah bahwa semuanya tergantung pada jenis kopi yang kamu minum. Bila preferensi kopimu melibatkan paket gula atau buih krim, pertimbangkan untuk mengubahnya. Guna menghilangkan lemak dan memetik kesehatan yang optimal, sangat ideal untuk memilih kopi hitam atau kopi hijau. Bila suka menambahkan susu tidak jadi masalah. Konsumsilah maksimal 2-3 cangkir kopi sehari untuk menghindari masalah pencernaan dan efek samping lain akibat terlalu banyak kafein.(BS)