Berandasehat.id – Ilmuwan Universitas Liverpool telah mengambil langkah signifikan untuk membuka potensi medis dari kelas baru antibiotik yang mampu membunuh ‘superbug’ termasuk MRSA tanpa resistensi yang terdeteksi. Para peneliti telah mengembangkan versi sintetis yang disederhanakan dari molekul teixobactin, yang digunakan oleh bakteri penghasil untuk membunuh bakteri lain di tanah.

Tim telah mengembangkan dan menguji ‘perpustakaan unik’ versi sintetis dari antibiotik  yang dianggap sebagai ‘pengubah permainan’,  dengan mengoptimalkan fitur utama obat untuk meningkatkan khasiat dan keamanannya. Poin penting lainnya, antibiotik sintetis ini dapat diproduksi secara murah dalam skala besar.

Ilustrasi antibiotik (dok. istimewa)

“Memperkenalkan keragaman sintetis untuk menghasilkan perpustakaan teixobactins sintetis penting untuk mengatasi tingkat kegagalan yang tinggi yang terkait dengan tahap pengembangan obat selanjutnya,” terang peneliti utama Dr. Ishwar Singh dikutip MedicalXpress.

Karya ini dibangun di atas penelitian perintis oleh Dr. Singh, seorang ahli dalam penemuan dan pengembangan obat antimikroba serta kimia obat di Pusat Keunggulan Penelitian Penyakit Menular (CEIDR) Liverpool.

Hasil terbaru dicapai sebagai bagian dari projek Small Business Research Initiative (SBRI), yang didanai oleh Departemen Kesehatan dan Peduli Sosial. Program ini disampaikan oleh Innovate UK atas nama DHSC, dengan tujuan menciptakan lima senyawa timbal untuk digunakan di masa depan dalam pertempuran melawan resistensi antimikroba (AMR).

Riset telah membuktikan bahwa teixobactins sintetis yang disederhanakan membunuh berbagai macam bakteri yang diambil dari pasien manusia, yang gagal dilakukan oleh antibiotik yang tersedia saat ini. Mereka juga berhasil membasmi MRSA pada tikus dan ditemukan terakumulasi di tempat infeksi hingga 24 jam dalam jumlah yang lebih besar daripada yang dibutuhkan untuk membunuh ‘superbug’.

Hal ini menunjukkan bahwa di masa depan, pasien dapat diobati dengan hanya satu dosis teixobaktin per hari untuk infeksi bakteri resisten yang mengancam jiwa.

Teixobactins sintetis telah terbukti kuat dan stabil pada suhu kamar selama bertahun-tahun sehingga tidak memerlukan rantai dingin untuk distribusi dan penyimpanan, sehingga berpotensi untuk mengatasi infeksi bakteri resisten dalam pengaturan klinis yang berbeda secara global.

Meningkatkan Khasiat dan Keamanan Obat

Dr. Singh juga telah mengidentifikasi desain dan metode untuk “meningkatkan” antibiotik yang layak berdasarkan teixobactin alami yang murah (sebelumnya sangat mahal). Dengan menukar asam amino tertentu pada molekul dengan biaya rendah, alternatif yang tersedia secara komersial, biaya bahan telah berkurang lebih dari 2.000 kali, sementara khasiat dan dan keamanan juga ditingkatkan.

Para peneliti mengembangkan sintesis fase padat yang sangat efisien menggunakan otomatisasi, mempercepat langkah penyambungan tunggal dari 30 jam menjadi hanya 10 menit dengan hasil tinggi.

Selanjutnya, tim telah mengoptimalkan persiapan untuk meningkatkan hasil dari skala 30mg ke skala 1g dan seterusnya. Proses ini sekarang dapat disesuaikan untuk aplikasi hingga skala 1kg atau lebih tinggi, hanya dengan meningkatkan skala dan ukuran reaktor.

Skalabilitas adalah kunci penting yang membangun blok produksi komersial untuk mewujudkan potensi terapeutik teixobactins sintetis.

“Motivasi kami adalah untuk mengadaptasi molekul teixobactin alami dan membuatnya cocok untuk digunakan manusia. Ini adalah sebuah perjalanan. Melalui projek ini kami telah menunjukkan bahwa kami dapat membuat molekul sintetis dengan biaya rendah dan dengan keamanan tinggi, yang berpotensi membunuh bakteri resisten pada tikus,” ujar Dr. Singh.

Keuntungan dari keragaman sintetis adalah bahwa kita dapat memilih atau membatalkan pilihan sifat dan memodifikasi molekul untuk mempengaruhi potensi dan kualitas seperti obat yang diinginkan. “Tujuan akhir kami adalah untuk memiliki sejumlah obat yang layak dari teixobactin sintetis modular kami platform yang dapat digunakan sebagai ‘garis pertahanan terakhir’ melawan superbug untuk menyelamatkan nyawa yang saat ini hilang karena AMR,” imbuh Dr. Singh.

Dr. Singh menyambung, langkah selanjutnya adalah fokus pada manfaat utama teixobactin sintetis untuk mengatasi bakteri resisten multi-obat dalam model penyakit yang berbeda, proses peningkatan, diikuti dengan pengujian keamanan, yang jika berhasil, berpotensi digunakan di rumah sakit sebagai penelitian obat baru dan diubah menjadi obat yang cocok untuk mengobati infeksi bakteri resisten pada manusia secara global.

“Kami akan bekerja dengan rekan-rekan dari CEIDR yang memiliki keahlian dalam antimikroba mulai dari penemuan obat hingga klinis, untuk mengembangkan teixobactins sintetis menjadi obat yang layak,” terangnya.

“Antibiotik baru sangat dibutuhkan untuk mengatasi kebutuhan medis yang tidak terpenuhi terkait dengan banyak bakteri yang sangat resisten terhadap obat. Infeksi karena ‘superbug’ ini membahayakan hasil pengobatan bagi banyak pasien. Teixobactins berpotensi memberikan pilihan terapi baru yang berharga untuk pasien di seluruh Inggris dan secara global,” tandas Direktur CEIDR Profesor William Hope. (BS)