Berandasehat.id – Para ilmuwan di University of Reading mengukur dampak vitamin B6 dosis tinggi pada orang dewasa muda dan menemukan bahwa orang-orang yang mengonsumsi vitamin  itu setiap hari selama sebulan melaporkan rasa cemas dan depresinya menurun.

Studi yang diterbitkan dalam jurnal Human Psychopharmacology: Clinical and Experimental, memberikan bukti berharga untuk mendukung penggunaan suplemen yang dianggap dapat mengubah tingkat aktivitas di otak untuk mencegah atau mengobati gangguan mood (suasana hati).

Dr. David Field, penulis utama dari School of Psychology and Clinical Language Sciences di University of Reading, menyampaikan fungsi otak bergantung pada keseimbangan antara neuron rangsang yang membawa informasi dan penghambat, yang mencegah aktivitas pelarian.

Makanan sumber vitamin B6 (dok. istimewa)

“Teori terbaru telah menghubungkan gangguan mood dan beberapa kondisi neuropsikiatri lainnya dengan gangguan keseimbangan ini, sering kali ke arah peningkatan tingkat aktivitas otak. Vitamin B6 membantu tubuh memproduksi pembawa pesan kimia tertentu yang menghambat impuls di otak, dan penelitian kami menghubungkan efek menenangkan ini dengan berkurangnya kecemasan di antara para peserta,” ujar David Field.

Sementara penelitian sebelumnya telah menghasilkan bukti bahwa multivitamin dapat mengurangi tingkat stres, beberapa studi telah dilakukan di mana vitamin tertentu yang terkandung di dalamnya mendorong efek ini.

Studi baru berfokus pada peran potensial vitamin B6, yang diketahui meningkatkan produksi GABA (Gamma-Aminobutyric Acid) tubuh, bahan kimia yang memblokir impuls di antara sel-sel saraf di otak.

Dalam uji coba saat ini, lebih dari 300 peserta secara acak diberikan suplemen vitamin B6 atau B12 jauh di atas asupan harian yang direkomendasikan (sekitar 50 kali tunjangan harian yang direkomendasikan) atau plasebo, dan mengonsumsi sekali sehari selama sebulan.

Studi menunjukkan bahwa vitamin B12 memiliki sedikit efek dibandingkan dengan plasebo selama masa percobaan, tetapi vitamin B6 membuat perbedaan yang dapat diandalkan secara statistik.

Peningkatan kadar GABA di antara peserta yang telah mengonsumsi suplemen vitamin B6 dikonfirmasi oleh tes visual yang dilakukan pada akhir percobaan, mendukung hipotesis bahwa B6 bertanggung jawab atas penurunan kecemasan. Perubahan halus tetapi tidak berbahaya dalam kinerja visual terdeteksi, konsisten dengan tingkat aktivitas otak yang terkontrol.

“Banyak makanan, termasuk tuna, buncis dan banyak buah-buahan dan sayuran, mengandung vitamin B6. Namun, dosis tinggi yang digunakan dalam percobaan ini menunjukkan bahwa suplemen diperlukan untuk memiliki efek positif pada suasana hati,” ujar Field.

Field menekankan, penting untuk diakui bahwa penelitian ini masih pada tahap awal dan efek vitamin B6 pada kecemasan dalam penelitian itu cukup kecil dibandingkan dengan apa yang diharapkan dari pengobatan. “Namun, intervensi berbasis nutrisi menghasilkan jauh lebih sedikit efek samping yang tidak menyenangkan daripada obat-obatan, dan di masa depan orang mungkin lebih memilih mereka sebagai intervensi,” terangnya.

Dia menambahkan, untuk menjadikan ini pilihan yang realistis, penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengidentifikasi intervensi berbasis nutrisi lain yang bermanfaat bagi kesejahteraan mental, memungkinkan intervensi diet yang berbeda untuk digabungkan di masa depan untuk memberikan hasil yang lebih besar. “Salah satu pilihan potensial adalah menggabungkan suplemen vitamin B6 dengan terapi bicara seperti Terapi Perilaku Kognitif untuk meningkatkan efeknya,” pungkas Field. (BS)