Berandasehat.id – Mengonsumsi blueberry, plum, blackberry, kacang fava, atau ceri (disajikan dengan teh hijau) dalam lima porsi buah dan sayuran yang direkomendasikan setiap hari mungkin merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan jantung.

Penelitian yang melibatkan para ilmuwan dari Universitas Reading, Harvard Medical School, Universitas California Davis, dan Mars, Inc., menemukan bahwa hanya satu dari lima orang mencapai asupan flavanol yang telah terbukti mengurangi risiko penyakit jantung, bahkan termasuk mereka yang secara teratur mengonsumsi lima porsi buah dan sayuran setiap hari.

NHS Inggris merekomendasikan asupan buah dan sayur harian lima porsi 80 gram per hari.

Penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Food & Function melacak pola makan lebih dari 30.000 peserta di seluruh Inggris dan Amerika Serikat menggunakan pengukuran biomarker.

“Flavanol dapat secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit kardiovaskular, tetapi hanya jika dikonsumsi dalam jumlah yang cukup,” kata Dr. Javier Ottaviani, penulis utama makalah studi.

Kebanyakan orang berasumsi bahwa mengonsumsi banyak buah dan sayuran sudah cukup, tetapi penelitian ini menunjukkan bahwa pilihan spesifik yang dibuat setiap orang jauh lebih penting daripada jumlah totalnya.

“Menambahkan segenggam blackberry, satu buah apel utuh, atau secangkir teh hijau dapat membuat perbedaan nyata pada seberapa banyak senyawa bermanfaat ini yang sebenarnya dikonsumsi dan diserap dari makanan,” terangnya.

Rekomendasi perlu ditinjau

Penelitian sebelumnya, termasuk uji klinis flavanol terbesar, studi COSMOS, menemukan bahwa asupan harian 500 mg flavanol secara signifikan mengurangi risiko kematian akibat penyakit jantung.

Penelitian baru ini menemukan bahwa kebanyakan orang jauh di bawah tingkat tersebut, bahkan ketika mengikuti panduan makan sehat standar, seperti Panduan Makan Sehat NHS.

Makanan dengan kandungan flavanol tertinggi per porsi adalah:

* Plum (500g): sekitar 450mg flavanol

* Cranberry (250g): sekitar 300mg flavanol

* Blackberry (200g): sekitar 250mg flavanol

* Teh hijau (satu cangkir 250ml): sekitar 200mg flavanol

* Kacang fava (80g, segenggam kecil): sekitar 140mg flavanol

* Ceri (400g): sekitar 130mg flavanol

* Apel dengan kulit (200g, satu apel ukuran sedang): sekitar 110mg flavanol

* Stroberi (200g): sekitar 90mg flavanol

* Blueberry (150g): sekitar 80mg flavanol

* Kacang pinto (40g, dua sendok makan kering): sekitar 70mg tentang flavanol

Temuan ini menimbulkan pertanyaan yang lebih luas tentang apakah rekomendasi diet saat ini seputar konsumsi buah dan sayuran dapat dibuat lebih efektif.

Profesor Gunter Kuhnle dari Universitas Reading menambahkan lima porsi sehari adalah pesan yang tepat, tetapi kita mungkin perlu berpikir lebih hati-hati tentang lima porsi mana yang harus dikonsumsi.

“Buah dan sayuran yang berbeda menawarkan manfaat nutrisi yang sangat berbeda di luar vitamin dan mineral, dan seiring dengan meningkatnya pemahaman kita tentang senyawa-senyawa ini, ada peluang nyata untuk membuat panduan diet lebih spesifik dan lebih efektif. Penelitian ini merupakan langkah menuju pemahaman seperti apa hal itu dalam praktiknya,” tandasnya. (BS)